Yamaha RX King Motor Bekas Yang Masih Meraja

MOTOR BEKAS YAMAHA RX KING — Nama yang begitu melegenda di dunia otomotif Indonesia adalah Yamaha RX King. Motor yang bisa super ngebut ini identik dengan Motor Jambret. Maklum saja karena performa dari motor ini yang bisa melaju kencang dengan akselerasi cepat, disalahgunakan oleh kawanan jambret untuk melakukan kejahatan. Tak pelak image RX King nyaris disamakan dengan dunia Jambret atau kejahatan. Terlepas dari itu pemburu motor bekas Yamaha RX King masih sangat banyak.

Karena animo masyarakat akan motor yang dikenal dengan suara “nguook…!” ini begitu dahsyat, Yamaha mempertahankan produksi RX King dari tahun 1982 hingga tahun 2009. Jika tidak terganjal pada regulasi emisi gas buang, mungkin Yamaha RX King masih diproduksi hingga kini. Seperti diketahui regulasi Euro 3 tidak memungkinkan motor 2 tak seperti RX King ini bisa diproduksi.

Penghentian produksi motor Yamaha RX King ini justru menambah harga jual motor bekas atau motor second RX King nangkring di papan atas. Belum lama diberitakan ada motor bekas RX King langsiran 2009 laku dijual Rp.70 juta. Meski sebenarnya Yamaha RX King keluaran terakhir tersebut belum pernah dipakai, dan hanya disimpan saja sejak dibeli pertama kali.

Mengapa Motor Bekas Yamaha RX King Masih Diburu?

Komunitas pengguna Yamaha RX King justru kian banyak saja meski motor ini sudah tidak diproduksi. Sebagai Raja Motor Sport pada jamannya, seolah Yamaha RX King ini tidak lekang oleh waktu. Performa dari Yamaha RX King ini memang sangat oke, bahkan untuk motor tua dan motor bekas masih sangat oke. Untuk kelas Motor 2 tak 135 cc, Yamaha RX King begitu bertenaga dan responsif serta sporty khas tunggangan anak muda.

Motor bekas Yamaha RX King masih diburu, tidak lepas dari sejarah kelahiran RX king sendiri yang dirilis berdasarkan kebutuhan masyarakat Indonesia. Meski sebenarnya kelahiran RX King ini bukanlah tiba-tiba karena ada generasi pendahulunya yaitu RX -100, Yamaha RX -S, RK-K dan generasi-generasi Yamaha RX lainnya.

Pada awal sebelum Yamaha RX King lahir, para peneliti Yamaha mulai berkeliling ke berbagai kota di Jawa, Sumatera, dan beberapa bagian daerah lain di Indonesia. Riset yang dilakukan tersebut memperlihatkan jika sepeda motor yang ada terutama untuk yang bermesin 2-tak memiliki torsi yang rendah pada putaran bawah, boros BBM, serta asap knalpot yang terlalu ngebul.
Selain itu Motor Bekas Yamaha RX King ini banyak dicari karena beberapa Keunggulan yang dimilikinya.

Keunggulan Yamaha RX King antara lain:

1. Konstruksi silinder yang tepat

Konstruksi silinder pada RX King memiliki posisi kemiringan yang tepat dengan didukung langkah piston yang pendek hanya 50mm diameter 58mm dan perbandingan kompresi 7:1 merupakan penghasil tenaga yang cukup luar biasa untuk seukuran motor kelas 2 tak.
Jika dibandingkan dengan motor 2 tak seperti Suzuki RGR yang saat itu menjadi rivalnya, meskipun memiliki cc yang lebih besar namun masih belum dapat menghasilkan power sebesar RX King.

2. Material Blok mesin RX King Yang Bagus

Ketika pada jaman dulu pabrikan belum begitu memperhitungkan efisiensi bahan, maka pabrikan motor Yamaha memilih material yang sangat kuat untuk memproduksi mesin motor.
Blok silinder yang banyak dicari oleh para pecinta motor bekas yang satu ini adalah yang berkode Y4 dan diproduksi pada tahun 1994.

3. Karburator Yang Mensupply bahan bakar dengan sempurna

Yamaha RX King memiliki karburator Mikuni VM 26. Pilot Jet dan Min Jet 22.5/150 diameter skep 30mm. Karburator Yamaha RX King sangat menunjang dalam mensuply bahan bakar dengan sempurna, sehingga menjadi keunggulan dan nilai lebih dari RX King.

4. Susunan Kopling Yang Keras Pada RX King

Komponen kopling sebagai penyalur tenaga dari as kruk yang dihasilkan oleh piston menuju ke transmisi untuk disalurkan menjadi putaran roda belakang. Karena konstruksinya yang keras menjadikan putaran mesin nyaris tidak ada selipnya sehingga tenaga RX King serasa menghentak tatkala diajak berakselerasi.

Sejarah Yamaha RX King

Seperti disinggung sekilas di atas, kelahiran RX king tidak lepas dari riset tim peneliti Yamaha dan juga generasi Yamaha RX sebelum RX King. RX king telah melewati berbagai generasi dari tahun 1983 hingga tahun 2009. Berbeda generasi ada beberapa perubahan pada Yamaha RX King. Berikut ini beberapa generasi RX King secara umum :

1. Yamaha RX King Generasi Pertama (1982 – 1995)

Yamaha RX King Cobr

Yamaha RX King Cobra, Generasi Pertama RX King

Generasi Yamaha RX King ini dikenal dengan RX King Cobra. Meski kelahiran 1982, namun Yamaha RX King Cobra ini baru resmi diluncurkan di Indonesia tahun 1983.
Yamaha RX King Cobra ini merupakan penyempurnaan dari Yamaha RX K, dengan penambahan YEIS (Yamaha Energy Induction System) yang membuat RX-King lebih irit bahan bakar sekitar 15 persen. Selain itu Yamaha Computerized Lubrication System membuat RX-King semakin bertenaga hingga 5000 Rpm.

2. Yamaha RX King Generasi Kedua (1995- 2000)

Generasi Yamaha RX King generasi kedua ini dikenal dengan nama Yamaha RX King Master. Generasi kedua Yamaha RX King ini merupakan penyempurnaan dari RX King Cobra. Generasi kedua Yamaha RX King ini kental dengan nuansa Produksi Indonesia. Pada generasi Yamaha RX King Master ini menggunakan teknologi YCLS (Yamaha Computerized Lubrication System). Namun kemudian teknologi ini ditinggalkan pada tahun 1998 karena dianggap terlalu beresiko.

3. Yamaha RX King Generasi Ketiga ( 2001-2006)

Yamaha RX King Generasi ketiga ini dikenal juga dengan RX King Facelift. Perubahan yang cukup mencolok pada RX king Facelift ini adalah headlamp yang diubah berbentuk oval. Perubahan lain dari RX King generasi ketiga ini adalah telah dilengkapi kaliper depan 2 piston. Pengapian dari RX King generasi ketiga ini sudah menggunakan CDI.

4. Yamaha RX King Generasi Keempat (2006-2009)

Yamaha RX King 2009

Yamaha RX King 2009 Yang Berharga Rp.70 Juta

Generasi keempat dari RX King adalah Yamaha New RX King dengan knalpot yang sudah dilengkapi catalytic converter. Selain itu ada perubahan bentuk pada headlamp menjadi bentuk bulat. Generasi keempat RX King ini asap knalpot hampir tidak kelihatan, sebagai efek adanya catalytic converter hingga dikira Yamaha New RX king adalah motor 4 tak.
Karena permasalahan regulasi emisi gas buang, Yamaha RX King terpaksa dihentikan produksinya. Sebagai penggantinya Yamaha merilis Yamaha Scorpio 225, namun sayang generasi Yamaha Scorpio ini kurang laku di pasaran.

Nah itulah sekilas dari perjalanan Yamaha RX King, motor bekas yang masih banyak diburu kolektor dan penggemar. Untuk harga motor bekas RX King masih sangat variatif, tergantung kondisi dan penjualnya. Namanya barang antik dan hobi tentu tidak ada patokan yang baku.