Yamaha Aerox 155 Memiliki Banyak Fitur Ungulan

FITUR DAN KELEBIHAN YAMAHA AEROX 155 — Yamaha nampaknya makin menambah amunisinya untuk melawan dominasi Honda dalam pasar skuter matik di Indonesia. Setelah Yamaha Nmax meluncur dan mendapatkan animo luas dari pecinta otomotif tanah air, Yamaha AEROX 155 VVA  menyusul diluncurkan. Yamaha NMAX dan Yamaha Aerox 155 memang masih satu “garis keturunan” namun memiliki beberapa perbedaan. Yamaha Aerox 155 ini lebih ditujukan pada segmen biker muda usia 20-30 tahun.

Fitur Pada Yamaha Aerox 155

Yamaha Aerox 155 dikabarkan akan menjadi penantang dari Honda Vario 150 cc. Mengenai fitur dari Yamaha Aerox 155 yang berbeda dengan Yamaha NMAX 155 ini,Senior Technical PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Slamet Kasianom memberikan penjelasan panjang lebar.

Menurut Slamet, ada beberapa fitur utama pada Yamaha Aerox 155 VVA yang menjadikannya lebih kompetitif. Pertama, mesin berkapasitas besar. “Unit yang digunakan, sama persis dengan milik NMax, 155 cc dengan pendingin cairan dan memakai 4-klep,” jelasnya itu.

Fitur lain dari Yamaha Aerox 155 ini menggunakan teknologi pengatur katup variabel milik Nmax , yang dinamakan Variable Valve Actuation (VVA) . Fungsi VVA pada Yamaha Aerox 155 tersebut akan memberikan kan tenaga yang terus ada di putaran rendah hingga tinggi.

yamaha-aerox-155

Tampilan Yamaha Aerox 155

Fitur yang membedakan antara Yamaha NMAX dan Yamaha Aerox 155 adalah pada bobot motor. Pada Yamaha Aerox 155 memiliki bobot yang lebih ringan hampir 10 kg dari NMax, (NMax 127 kg, Aerox 155VVA 116-118 kg), dengan demikian akan memberikan konsumsi bahan bakar yang lebih hemat.

Pada Yamaha Aerox 155 VVA  ini menggunakan fitur canggih yang menjadi andalan yaitu SKS (Smart Key System). SKS pada Yamaha Aerox 155 ini bekerja mirip dengan smart key yang diaplikasikan pada mobil. Keuntungan dari SKS Yamaha Aerox 155 adalah mempermudah akses penggunaan motor, karena tak perlu lagi menggunakan anak kunci yang dicolokkan ke lubang.
“Remote cukup dikantongi, sistem akan mendeteksi secara otomatis. Begitu kunci terdeteksi cukup menekan kenop di dashboard untuk menyalakan motor,” jelas Slamet.

Keunggulan dari fitur ini adalah dalam masalah keamanan, misalnya saja motor dibegal, pemilik bisa menyerahkan kendaraannya dan menyelamatkan diri. Saat pemilik lari menjauh dari motor untuk menyelamatkan diri, motor tidak akan bisa dinyalakan lagi, karena remote yang dibawa pemilik juga menjauh dari motor.

Fitur lain dari Yamaha Aerox 155 yang mirip dengan punya Honda Vario adalah SSS (Smart Stop System). Fitur ini akan menyala-matikan mesin secara otomatis ketika motor dalam kondisi kemacetan serta stop and go. Fungsinya, mencegah pembakaran percuma yang terjadi saat motor berhenti di tengah kepadatan lalu-lintas. Komputer akan mematikan mesin begitu motor berhenti lebih dari 5 detik dan menyalakannya kembali saat grip gas diputar.

Sebagaimana banyak dikritik orang karena sistem SSS ini membuat aki cepat tekor, pada YAmaha Aerox 155ini sudah dilakukan antisipasi. “Ada fitur battery saver dan juga Smart Motor Generator, sehingga konsumsi listrik untuk menyalakan motor lebih efisien,” tambah Slamet. Fitur Smart Motor Generator mengintegrasikan motor starter dengan konstruksi mesin sehingga proses menyala-matikan mesin bisa memanfaatkan kompresi silinder.

Untuk masalah pengereman, Yamaha Aerox 155 ini sudah menggunakan sistem Antilock Braking System (ABS), yang mencegah penguncian saat mengerem. Di luar fitur -fitur tersebut panel dari Yamaha Aerox 155 menggunakan LED berwarna biru yang menampilkan berbagai informasi seperti putaran mesin, kecepatan, konsumsi bahan bakar, dan daya aki.

Untuk waktu peluncuran dan harga dari Yamaha Aerox 155 ini, belum ada informasi resmi yang dirilis. Namun kabarnya skuter matik ini akan mulai dipasarkan pada tahun 2017. Adapun varian yang muncul dari Yamaha Aerox 155 ini konon adalahversi standar, S Version, dan R Version. Perkiraan harga dari Yamaha Aerox 155 antara Rp.24 juta hingga Rp. 30 juta.

Nah itulah berbagai fitur canggih yang dimiliki Yamaha Aerox 155, sanggupkah melawan Honda Vario 155? Semuanya diserahkan pada otomania sekalian.