Teknologi Blue Core Andalan Yamaha

TEKNOLOGI BLUE CORE YAMAHA — Konsumsi BBM yang irit nampaknya menjadi isu menarik dalam persaingan pasar motor nasional. Setelah Honda berhasil membuat image sebagai motor irit di pasaran,nampaknya Yamaha Motor tidak mau ketinggalan untuk bersaing merebut hati konsumen. Salah satu teknologi yang diandalkan Yamaha pada motor terbaru mereka adalah Blue Core. Dengan Teknologi Blue Core ini, Yamaha mengklaim bisa meningkatkan efisiensi Bahan bakar hingga 50 persen.

Teknologi Blue Core sendiri merupakan konsep perancangan mesin dan sasis yang sudah dilakukan Yamaha sejak dua tahun lalu. Tujuan utama konsep ini adalah untuk memaksimalkan energi yang dihasilkan mesin. Pada prakteknya ari 100 persen energi yang dihasilkan oleh pembakaran mesin tidak semuanya bisa disalurkan ke roda belakang. Energi ini banyak terbuang menjadi bentuk panas dan gesekan. Inilah yang berusaha dioptimalkan oleh pihak Yamaha dengan teknologi Blue Core.Nampaknya Teknologi Blue core pada Yamaha ini akan menjadi pesaing Teknologi ESP (Enhanced Smart Power) yang telah diterapkan produk-produk Honda.

Menurut Staff Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Ridwan Arifin, teknologi Blue Core ini menjadi teknologi Yamaha terbaru. Rencananya, semua varian skuter matik (skutik) Yamaha akan menerapkan teknologi terbaru itu. “Blue Core (merupakan) next generation-nya Yamaha. Performance-nya lebih ekonomis. Seperti jaminan, bahwa Blue Core akan lebih baik,” kata Ridwan. Menurut Ridwan, Blue Core menerapkan mesin 4-tak berkapasitas 125cc yang membawa sistem pendingin udara baru, fuel injected dengan transmisi CVT.

Kunci Dari Teknologi Blue Core Yamaha

Dalam Teknologi Blue Core Yamaha ini, ada tiga hal yang menjadi kunci utama yakni membuat bobot menjadi lebih ringan, pelepasan panas lebih baik dan mengoptimalkan pembakaran. Bobot motor bisa lebih ringan dengan cara mengubah desain sasis dan mengganti komponen mesin dengan bahan yang lebih ringan.
Pembakaran juga dibuat lebih sempurna dengan mengubah desain katup dan injektor bahan bakar. Dengan pembakaran yang mendekati sempurna emisi gas buang yang dihasilkan juga semakin sedikit, sehingga lebih ramah ke lingkungan.

Untuk mengoptimalkan kinerja mesin pada Yamaha dengan teknologi Blue Core, panas mesin diupayakan untuk bisa dilepaskan dengan dengan cepat. Karena itu dalam Teknologi Blue Core ini Yamaha membuat sirip pelepas panas lebih banyak dan rapat.
Tambahan lain untuk bisa mengoptimalkan pelepasan panas pada mesin berteknologi Blue Core yamaha ini pada sistem pendinginan mesin yang menggunakan oli dan air juga makin disempurnakan agar energi yang dihasilkan mesin tidak banyak terbuang menjadi energi panas.

Teknologi Blue Core Pada Yamaha merupakan langkah inovasi Yamaha untuk membuat motor terbaru mereka makin bersaing dalam hal efisiensi bahan bakar. Langkah awal inovasi Yamaha mengusung Blue Core adalah pada Yamaha MIO M3 125 Blue Core . Konon dalam pengujiannya Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini bisa menorehkan hasil 60 Km/liter bahan bakar.