Suzuki Shooter 115Fi Berteknologi Injeksi

SUZUKI SHOOTER — Suzuki nampaknya tidak mau ketinggalan dengan para kompetitornya termasuk dalam pasar Motor Bebek. Meski mengusung produk motor dalam kategori murah (low entry), namun teknologinya selangkah lebih maju. Mengandalkan teknologi injeksi memberikan nilai tambah pada Suzuki Shooter 115Fi. Selain harga murah yang ditawarkan Suzuki Shooter, konsumsi bahan bakarnya boleh dibilang irit. Versi standard Suzuki Shooter dipasarkan pada kisaran harga Rp.11.6 juta.

Meski dibuat berdasarkan keinginan pasar di Indonesia, tetapi Suzuki Shooter 115FI dikembangkan langsung di Jepang. Dalam hal pengujian juga dilakukan di Jepang. Kehadiran Suzuki Shooter 115Fi adalah untuk memenuhi lima kebutuhan yaitu high reliability, high running performance, superior FI engine fuel economy, light weight dan useful equipment.

Varian Suzuki Shooter 115Fi

Di Indonesia Suzuki Shooter diproduksi dalam tiga varian , yaitu Varian standar, varian suzuki shooter yang satu ini tampil minimalis dengan pelek jari-jari dan rem teromol di roda depan dan belakangya. Fitur standar tersebut sesuai dengan harganya yang dilepas dengan harga Rp 11,6 juta.

Varian kedua adalah Suzuki Shooter 115FI R, berbeda dengan varian standard, meski peleknya masih jari-jari tetapi sudah dilengkapi dengan disk brake di roda depan. Harga yang dibandrol untuk produk Suzuki Shooter 115FI R adalah 12,45 juta.

Yang ketiga adalah Suzuki Shooter 115FI SR, versi ini adalah varian paling mewah dari Suzuki Shooter, karena peleknya sudah tipe casting wheel dan dilengkapi dengan disk brake di roda depan. Sedang roda belakang masih pakai rem teromol. Harganya Rp 13,25 juta. Dari semua harga tersebut adalah on the road Jakarta.

Fitur Suzuki Shooter 115Fi

Mengusung mesin dengan kapasitas 115 cc SOHC, membuat Suzuki Shooter memiliki power 9,3 PS di 8.000 rpm dan memiliki torsi 9,1 Nm pada 6.000 rpm. Sedang untuk konsumsi bahan bakarnya, mampu membuat Shooter 115FI lebih hemat hingga 37 persen bila dibandingkan dengan motor bebek lain. Hal tersebut disebabkan sistem injeksi yang diterapkan pada Suzuki Shooter.

Selain teknologi tersebut, motor ini juga menggunakan mesin dengan konsep LEaP (Light Efficient and Powerfull). Suzuki memangkas bobot motornya mulai dari mesin hingga rangka dan bodi, sekaligus membuat mesin yang minim gesekan agar performannya semakin baik. Seperti aplikasi roller rocker arm juga piston yang lebih ringan dan kruk as baru. Suzuki Shooter memiliki bobot yang lebih ringan dari Smash Titan. Shooter 115FI paling berat hanya 94 kg.

Dalam hal desain, Suzuki Shooter hampir mirip dengan Suzuki Smash generasi kedua. Perbedaannya pada lampu dan reflektor depan lebih besar. Desain tameng angin menyatu dengan lampu sein dengan desain kotak Di bawah jok, disediakan ruang penyimpanan dengan kapasitas 8 liter. Untuk versi termurah, tidak dilengkapi dengan standar samping. Namun jika diinginkan standar samping, Suzuki menjualnya terpisah sebagai aksesori tambahan.

Sebagai produk baru dengan harga yang murah, masih banyak yang meragukan kemampuan Suzuki Shooter ini. Untuk menjawab itu pada bulan Mei dan Juni 2013, Suzuki akan menggelar uji ketangguhan Suzuki Shooter dengan tajuk “Melesat Tangguh taklukan 3 Gunung dan 4 Danau”. Penasaran? Ikuti saja ajang tersebut.

Leave a Reply