Simak Perbedaan Toyota Calya Dan Daihatsu Sigra

PERBEDAAN TOYOTA CALYA DAN DAIHATSU SIGRA — Tidak berhenti untuk terus berkolaborasi, Toyota dan Daihatsu kembali merilis kembaran mobil murahnya. Menyusul mobil kembar di kelas LCGC Toyota Agya Dan Daihatsu Ayla, kini mobil LCGC 7 penumpang dihadirkan. Dengan mengusung Toyota Calya Dan Daihatsu Sigra, duo LCGC 7-seater ini menyasar pelanggan antara Agya-Ayla dan Avanza-Xenia.

Pihak Toyota sendiri menyatakan bahwa sebenarnya produk Toyota Calya dan Daihatsu Sigra sendiri kurang lebih sama dengan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang dipanjangkan sehingga memuat tujuh orang penumpang dewasa karena memiliki dimensi yang lebih panjang dari kompetitor. Nampaknya ini mengikuti tren mobil LCGC tujuh penumpang yang telah dimulai dari Datsun Go Panca dan Honda Mobilio yang juga memiliki basis dari mobil LCGC.

beda-calya-sigra

Beda Muka Toyota Calya Dan Daihatsu Sigra

Walaupun kembar tentu ada perbedaan antara Toyota Calya dan Daihatsu Sigra ini. Seperti perbedaan ada Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, atau seperti perbedaan Antara Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Nah apa sajakah perbedaan antara Toyota Calya dan Daihatsu Sigra ? Berikut kita ulas satu per satu:

1. Perbedaan Mesin Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Toyota Calya menggunakan mesin yang memiliki kode 3NR DOHC, memiliki kapasitas 1.2 liter dengan teknologi Dual VVT-i sehingga menghasilkan tenaga lebih besar sesuai dengan ukuran bodi mobil yang juga diperpanjang .Tenaga Toyota Calya bisa mencapai 88 PS dengan torsi 10,8 Nm. Untuk transmisi menggunakan 5 percepatan manual dan otomatis.
Daihatsu Sigra menggunakan mesin baru 3NR-VE Dual VVT-i berkapasitas 1. 2 liter serta ditambah dengan pilihan mesin 1.0 liter berkode 1KR-FE 3 silinder dengan tenaga 67 PS dan torsi 8,7Nm. Mesin ini merupakan mesin yang sama dengan Toyota Agya/Daihatsu Ayla.

2. Perbedaan Desain Pada Toyota Calya Dan Daihatsu Sigra

Setelah pada bagian mesin lanjut ke masalah perbedaan tampilan atau desain dari Toyota Calya Dan Daihatsu Sigra. Meski sekilas sama antara Toyota Calya dan Daiahatsu Sigra, namun ada beberapa perbedaan desain yang bisa dilihat.

Bagian Grill Depan
Grill depan pada Toyota Calya dan Daihatsu Sigra menjadi salah satu pembeda dua saudara kembar ini. Paduan grill dan krom dibagian tengah yang membentuk beberapa menjadi pemanis dua mobil ini. Namun grill krom Toyota Calya dan Daihatsu Sigra berbeda. Bedanya adalah pada aliran udaranya, meskipun sama memiliki ukuran yang besar, namun pada Daihatsu Sigra tampak lebih agresif karena ketajaman sudut sudutnya yang begitui tegas. aliran udara dibuat terpisah dengan bumper.

Pada Toyota Calya aliran udaranya dibuat menyatu dengan bumper, sehingga jika diperhatikan dengan jeli lebih mirip dengan Toyota Veloz. jika pada Sigra terdapat udara di bumper, maka untuk Calya didesain lebih tangguh dengan tambahan pelindung bumper berhias aksen krom.

Di bagian muka Toyota Calya menggunakan emblem dengan lambang Garuda seperti yang dipasang [ada emblem Toyota Agya, sementara pada Daihatsu Sigra menggunakan emblem logo S di depan sebagai ciri khas.

Bagian Foglamp
Daihatsu Sigra memiliki Foglamp yang meruncing dengan posisi horizontal. Sedang pada Toyota Calya, floglamp dibuat meruncing Vertikal. Posisi Foglamp pada Toyota Calya terletak di pojok bumper seperti Avanza, sedangkan Daihatsu Sigra foglamp dipasang dengan list chrome lebih lebar hingga menginterupsi bentuk gril.

3. Pebedaan Fitur Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Ada satu fitur yang dinamakan Autolock, yang membedakan dua mobil kembar ini. Fitur autolock merupakan fungsi untuk mengunci pintu secara otomatis pada saat kecepatan laju mobil mencapai 20 km/jam. Nah pada fasilitas autolock ini tersedia pada Toyota Calya namun tidak ada di Daihatsu Sigra.

4. Harga Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Harga Toyota Calya berbanderol antara Rp 129,65 juta – Rp 150 juta (On The Road). Sedangkan untuk kisaran harga yang ditawarkan Daihatsu Sigra berkisar antara Rp 106 juta – Rp 149 juta (On The Road) .
Kedua varian tertinggi juga telah dilengkapi standar keselamatan dan keamanan seperti Side Impact Beam, ABS dan Dual SRS Airbags, kunci dengan Immobilizer.