Simak Perbedaan Grand New Avanza dan Great New Xenia

PERBEDAAN GRAND NEW AVANZA DAN GREAT NEW XENIA — Siapa yang tidak mengenal Toyota Avanza dan siapa juga yang tidak mengenal Daihatsu Xenia? Hampir bisa dipastikan nama kedua mobil sejuta umat tersebut dikenal masyarakat Indonesia. Sudah belasan tahun kedua mobil tersebut hadir di tengah masyarakat dan selalu laris manis bak kacang goreng. Edisi terbaru dari Toyota adalah Grand New Avanza dan tentunya dibarengi oleh kembarannya dari Daihatsu, yaitu Daihatsu Great New Xenia. Nah apa saja perbedaan dari New Avanza dan Great New Xenia?

Kadang para otomania mengalami kebingungan dalam memilih mana mobil yang akan dipilih apakah mau pilih Toyota Grand New Avanza atau mau pilih Daihatsu Great New Xenia ? Apakah perbedaan dari Toyota Grand New Avanza dan Daihatsu Great New Xenia ? Kedua mobil MPV tersebut memang serupa tapi tidak sama. Beberapa perbedaan dari Toyota Grand New Avanza dan Daihatsu Great New Xenia inilah yang bisa menjadi pertimbangan mobil mana yang akan dipilih. Secara merek memang Toyota memang lebih diunggulkan untuk dipilih dbandingkan Daihatsu. Namun bagi yang tidak mau beli merek bisa juga memilih daihatsu Xenia dengan pertibangan fitur dan harga.

beda-avanza-xenia

Perbedaan Eksterior Toyota Grand New Avanza dan Daihatsu Great New Xenia

Ini Beberapa Perbedaan Grand New Avanza dan Great New Xenia

1. Perbedaan Mesin Toyota Grand New Avanza dan Daihatsu Great New Xenia
Dimulai dengan perbedaan bagian mesin dari Toyota Grand New Avanza dan Daihatsu Great New Xenia . Seperti produk-produk Avanza sebelumnya ,yang mengusung dua mesin 1.5 liter dan 1.3 liter pada Toyota Grand New Avanza juga masih mengusung dua jenis mesin tersebut.
Pada Toyot Grand New Avanza disematkan mesin dengan kode 1NR-VE 1.3 liter, 4-silinder Dual VVT-i bertenaga 96 hp dan torsi 120 Nm dan mesin dengan kode 2NR-VE 1.5 liter 4-silinder Dual VVT-i bertenaga 104 hp dan torsi 140 Nm.

Bagaimana dengan Daihatsu Great New Xenia ? Sama juga dengan Daihatsu Xenia terdahulu yang mengusung dua jenis mesin 1.3 liter dan 1.0 liter. Mesin pertama dari Daihatsu Great New Xenia adalah mesin berkode 1NR-VE 1.3 liter , mesin ini serupa dengan Grand New Avanza 1.3. Mesin 1.3 liter Daihatsu Xenia ini ada pada Daihatsu Great New Xenia seri R dan Seri X. Sedangkan yang kedua mesin dengan kode EJ-VE 1.0 liter 3-silinder VVT-i bertenaga 63 hp dan torsi 93 Nm .

2. Perbedaan Eksterior Toyota Grand New Avanza dan Daihatsu Great New Xenia
Bagian eksterior Toyota Grand New Avanza dan Daihatsu Great New Xenia memiliki beberapa perbedaan, meski ada banyak kemiripan.
Pada bagian eksterior Toyota Grand New Avanza cenderung tampil polos , sedangkan pada Daihatsu Great New Xenia memiliki detailing pada bumper depan,utamanya Great New Xenia tipe M Deluxe dan X Deluxe. Penampilan dari Great New Xenia ‘Deluxe’ series tampil lebih berbobot dibanding Grand New Avanza.

Pada Daihatsu Great New Xenia tipe R Sporty, terdapat lampu DRL (daytime running lamps) yang diletakkan pada dua sisi di dekat lampu kabut. Sedangkan pada Grand New Avanza disemua tipe, lampu DRL (daytime running lamps) belum dipasangkan.

Sensor Parkir belakang nampaknya menjadi fitur pembeda antara Toyota Grand New Avanza dan Daihatsu Great New Xenia. Sensor parkir belakang ini ada pada semua tipe Toyota Grand New Avanza , tetapi tidak pada semua tipe Daihatsu Great New Xenia. Pada Xenia, sersor parkir belakang hanya dipasangkan pada Great New Xenia tipe M deluxe, semua tipe X, dan semua tipe R.

Untuk bagian bumper depan Pada Toyota Grand New Avanza belum ada corner sensor sama sekali. Tetapi justru sudah ada pada Great New Xenia malah sudah disematkan utamanya untuk tipe X Deluxe dan tipe R sporty.

3. Perbedaan Interior Toyota Grand New Avanza dan Daihatsu Great New Xenia
Bagian interior dari Toyota Grand New Avanza dan Daihatsu Great New Xenia memiliki beberapa perbedaan.

Pada Toyota Grand New Avanza menyediakan sandaran kepala dan sabuk pengaman untuk penumpang yang duduk di tengah pada kursi jok baris kedua. Sedangkan pada Daihatsu Great New Xenia fitur tersebut belum ada.

4. Sistem Pengereman  Toyota Grand New Avanza dan Daihatsu Great New Xenia
Untuk lebih meningkatkan performa keamanan pada saat pengereman, Toyota Grand New Avanza sudah mengaplikasi sistem pengereman terbaru yaitu sistem ABS dan EBD. Pengereman ini telah dipasang pada seluruh varian Grand New Avanza,namun pada Great New Xenia tidak dilengkapi ABS dan EBD.

5. Perbedaan Harga Toyota Grand New Avanza dan Daihatsu Great New Xenia
Salah satu yang sering menjadi pertimbangan memilih mobil SUV adalah pada harga. Sudah bisa ditebak, tentunya Toyota Grand New Avanza pasti lebih mahal jika dibandingkan dengan Daihatsu Great New Xenia.
Harga Daihatsu Great New Xenia dibanderol pada kisaran harga Rp.150.3 juta hingga Rp.204.35 juta. Sedangkan pada Toyota Grand New Avanza dibanderol pada harga lebih tinggi yaitu sekitar Rp.178.1 juta hingga Rp.211 juta.

Nah itulah beberapa perbedaan antara Toyota Grand New Avanza dan Daihatsu Great New Xenia. Tentunya bisa menjadi pertimbangan anda dalam memilih mobil baru.