Sensasi Ertiga pada Mazda VX-1

MAZDA VX-1 — Produsen mobil Mazda tidak mau ketinggalan meramaikan bursa mobil MPV di Indonesia. Mazda VX-1 yang diklaim sebagai kembaran Suzuki Ertiga akhirnya dirilis dan dipasarkan di Indonesia. Namun kehadiran Mazda VX-1 ini nampak lebih luxurious baik dari sisi interior maupun eksterior. Misalnya saja untuk bagian-bagian seperti door trim, gear shift knob, dan sebagian kecil dari dashboard. Harga pasaran Mazda VX-1 sendiri dibandrol lebih mahal dibandingkan kembarannya Suzuki Ertiga. Misalnya saja untuk Mazda VX-1 tipe V dibandrol pada harga Rp 178,8 juta dan dan Rp 191 untuk tipe VX-1 R, harga tersebut berlaku di wilayah Jabotabek.

Spesifikasi Mazda VX-1

Sama halnya dengan kembaraannya Ertiga, Mazda VX-1 memiliki daya tampung 7 penumpang dan tiga baris jok. Kehadiran mobil ini akan semakin meramaikan pasar Low MPV seperti Ertiga.

Dari segi fisik nampaknya Mazda VX-1 menggunakan platform Ertiga, karena dimensinya sama. Mazda VX-1 memiliki panjang 4,2 meter, lebar 1,69 meter, dan tinggi 1,68 meter. Wheelbase atau jarak antar-roda 2,74 meter dan ground clearence atau jarak bodi ke tanah 180 mm, dengan radius putar sekitar 5,2 meter.

Untuk bagian mesin, sama saja dengan ertiga yaitu 1,4 liter DOHC 16 valve. Tenaga maksimal 95 hp pada putaran 6.000 rpm. Torsi maksimum 130 Nm pada putaran 4.000 rpm. Mazda VX-1 menggunakan roda penggerak depan, atau sama dengan kembarannya Suzuki Ertiga. Namun untuk versi double blower dan transmisi otomatis seperti Suzuki Ertiga belum ada kabar pada versi Mazda VX-1.

Seperti halnya Suzuki Ertiga, Mazda VX-1 memiliki tiga varian yaitu Mazda VX-1 V, Mazda VX-1 R dan Mazda VX-1 Standar. Dari ketiga varian tersebut ternyata sudah didaftarkan di TPT Kemenperin oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Bahkan perakitan Mazda VX-1 pun masih menumpang di pabrik Suzuki. Jadi wajar saja jika Mazda VX-1 adalah kembaran Suzuki Ertiga , bedanya hanya pada lencana di eksterior dan interior.

Leave a Reply