Pilih Mana Toyota Agya Atau Honda Brio Satya?

TOYOTA AGYA VS HONDA BRIO SATYA –– Dua mobil kelas Low Cost Green Car (LCGC) ini memang patut untuk disandingkan dalam alternatif memilih mobil baru. Utamanya anda yang sedang memburu mobil murah namun tetap oke untuk dijadikan tunggangan. Selain Toyota Agya dan Honda Brio Satya memang ada sederet nama lain dalam mpbil LCGC ini. Tengok saja kembaran Toyota Agya ada Daihatsu Ayla, dari Suzuki ada Karimun Wagin dan Datsun meluncurkan Datsun Go. Namun kali ini akan kita bahas perbandingan Toyota Agya dan Honda Brio Satya.

Kapasitas Mesin Toyota Agya dan Honda Brio Satya

Secara sepintas mesin Honda Brio Satya dibekali dapur pacu yang lebih besar dibandingkan Toyota Agya. Tengok saja Honda Brio memiliki mesin 1.200 cc 4 silinder i-VTEC yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 88 Ps. Sedangkan Toyota Agya dibekali mesin 1000 cc 3 silinder saja.

Dari aspek mesin ini Honda brio lebih unggul dan memiliki getaran lebih lembut karena jumlah silinder yang lebih besar. Namun demikian meski kapasitas mesin Toyota Agya kecil, tetap memiliki tarikan ringan dan tenaga yang kuat. Untuk konsumsi bahan bakar keduanya boleh dikatakan berimbang karena 1 liter BBM bisa menempuh jarak 21 km.

Toyota Agya Vs Honda Brio Satya

Toyota Agya Vs Honda Brio Satya

Tampilan Toyota Agya dan Honda Brio Satya

Dari penampilannya Honda Brio dipandang memiliki tampilan lebih menarik dan sporty jika dibandingkan mobil LCGC lainnya. Bentuk mobilio yang sporty ini memudahkan untuk dilakukan modifikasi. Namun Ground Clearance yang rendah bikin mobil ini sering gasruk pada saat lewat jalan yang tidak rata.

Desain Toyota Agya memang mirip dengan mobil-mobil Toyota terdahulu, namun sebenarnya masih enak dilihat. Bagian belakang tampak sangat manis dan sedap dipandang. Ground Clearance lebih tinggi dibandingkan Honda Brio Satya. Ada versi dari Toyota Agya dengan memberikan paket body kit yang memberi kesan lebih sporty pada varian mobil ini.

Interior Toyota Agya dan Honda Brio

Boleh dibilang Toyota Agya memiliki ruangan yang lebih lapang dibandingkan Honda Brio Satya. Kelapangan interior Toyota Agya ini bisa dirasakan penumpang baris pertama hingga kedua. Pada bagian bagasi belakang juga jauh lebih lega dibandingkan dengan Honda Brio Satya.

Namun ada sisi minusnya bagian interior Toyota Agya ini dibandingkan Honda Brio Satya. Toyota Agya memiliki desain interior yang amat kaku dan terlihat murahan, misalnya ini bisa dilihat pada bentuk tuas transmisi dan door trim, bagian ini dibuat sangat sederhana.
Selain itu untuk kualitas bahan jok Toyota Agya juga menggunakan bahan yang kurang begitu bagus dan terlihat tipis seperti kain bahan baju. Ini berbeda dengan Honda Brio Satya yang lebih baik dan memberi kesan lebih mahal. Namun kekurangan Toyota Agya ini disamarkan dengan head unitindash dan MID (Multi Information Display) pada speedometernya sehingga terlihat cukup modern. Overall kalau dari desain interior Honda Brio Satya ini nampak lebih mewah dan modern dibandingkan Toyota Agya.

Harga Toyota Agya Dan Honda Brio Satya

Nah selain fitur-fitur, performa mesin dan tampilan salah satu yang menjadi pertimbangan dalam memilih Toyota Agya dan Honda Brio Satya adalah harganya. Meski harga tergantung juga dengan varian masing-masing mobil namun Honda Brio bisa dibilang lebih mahal. Toyota Agya TRD S A/T dibanderol dengan harga Rp 135,6 juta dan Honda New Brio Satya E CVT dibanderol Rp 149,6 juta. Sedangkan harga Agya yang termurah di tipe E adalah Rp 113 juta, dan Honda New Brio Satya S ditawarkan ke konsumen dengan harga Rp 129,6 juta.