Mengupas Perbedaan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

PERBEDAAN TOYOTA AGYA DAN DAIHATSU AYLA — Kalau di level mobil MPV ada kembaran Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia maka di level LCGC ada mobil kembar Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Kembar identik namun keduanya memiliki perbedaan. Nah apa saja sebenarnya perbedaan dari Toyota Agya dan Daihatsu Ayla ini? Yang pertama tentu bisa ditebak harga mobil Toyota Agya pasti lebih mahal dibandingkan harga Daihatsu Ayla. Seperti halnya harga Toyota Avanza lebih mahal dibandingkan Daihatsu Xenia. Harga Mobil Toyota biasanya memang lebih malah dibandingkan Daihatsu Xenia.

Selanjutnya adalah pada dengan selisih harga tersebut adakah perbedaan yang ada pada si kembar Toyota Agya dan Daihatsu Xenia ini? tentu saja keduanya dibuat serupa namun tidak sama. Meski perbedaan itu bukan pada hal-hal yang utama, namun Toyota Agya dan Daihatsu Ayla memiliki perbedaan-perbedaan yang digunakan untuk menyasar segmen pasar yang berbeda.

beda-agya-ayla

Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Langsung saja kita akan mengupas beberapa perbedaan antara Toyota Agya dan Daihatsu Ayla ini secara general, bukan per tahun produksi. Ada beberapa perbedaan dari Toyota Agya dan Daihatsu Ayla ini dari segi desain, warna, varian, fitur-fiturnya.

1. Mesin Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Toyota Agya maupun Daihatsu Ayla sama-sama mengusung mesin 1000 cc, atau tepatnya 997 cc dengan kode mesin 1KR-DE. Mesin tersebut menggunakan tiga silinder dan 12 katup dan terbuat dari alumunium sehingga beratnya hanya 69 kg atau 10 kg lebih ringan dibanding mesin 1.0 liter dari bahan besi.
Keduanya sudah menggunakan teknologi Cam ganda alias DOHC (Double Over Head Camshaft). Tenaga yang dihasilkan oleh mesin Toyota Agya dan Daihatsu Ayla adalah 65 dk/6.000 rpm dengan torsi 85 Nm/3.600 rpm. Untuk masalah performa tenaga mesin kedua mobil ini bisa dibilang setara.
Sementara untuk transmisi, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla mengkombinasikan mesinnya dengan transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed.

2. Perbedaan Desain Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Dari segi desain si Kembar Toyota Agya dan Daihatsu Ayla memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan. Perbedaan antara Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang menonjol adalah pada sektor eksterior. Bagian Eksterior Agya dan Ayla seolah memiliki karakter yang berbeda. Daihatsu Ayla menggunakan konsep gril besar dengan satu bingkai yang membentang hingga airdam bawah menjadikannya berkarakter elegan.
Pada Toyota Agya memanfaatkan grill kecil dengan airdam terpisah mengesankan karakter sporty. Dua karakter ini dimungkinkan terjadi dengan penggunaan bumper yang berbeda saja. Tanpa perlu menggunakan lampu ataupun kap mesin yang berbeda, karakter berbeda bisa tampil dan orang akan dengan mudah mengidentifikasi wajah Ayla atau Agya. Sedangkan di sisi interior, tak ada pembeda antara keduanya. Material, desain, hingga fitur hiburan yang dimilikinya sebagian besar sama.

3. Perbedaan Fitur Toyota Agya Dan Daihatsu Ayla

Fitur yang membedakan antara Toyota Agya dan Daihatsu Ayla adalah pada Fitur keselamatannya. Pada Toyota Agya sudah dilengkapi dengan dual SRS Airbag untuk semua varian Toyota Agya. Pada Daihatsu Ayla pertama kali diluncurkan belum diberikan fitur keselamatan Airbag. Namun belakangan Daihatsu Ayla menyematkan Airbag ini pada Ayla keluaran terbaru.

Fitur lain yang membedakan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla adalah Air Conditioner (AC). Walaupun tidak di semua varian, ada varian Daihatsu Ayla yang tidak menggunakan AC yaitu tipr D. Selain tak memiliki AC, varian ini juga tak disertai Electric Power Steering,Power Window serta headunit serta safety belt untuk penumpang belakang.

4. Perbedaan Varian dan Warna Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla lebih kaya dengan varian warna , Daihatsu Ayla diluncurkan dengan 6 trim, sementara Astra Toyota Agya hanya ada 3 trim.
Semua trim Toyota Agya memiliki varian transmisi otomatis, sementara Daihatsu Ayla ada satu varian yakni D MI yang tidak tersedia dalam varian bertransmisi otomatis

5. Tipe Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Toyota Agya dibuat dengan tiga pilihan grade, yaitu E, G, dan TRD S. Untuk Varian terlengkap, Agya memiliki tampilan lebih sporty yang tampak pada aerokit bagian depan, samping, dan belakang.
Daihatsu Ayla diluncurkan dengan tiga pilihan tipe D, M dan tipe X, dengan tipe D sebagai pilihan yang paling sederhana namun paling terjangkau.

Untuk Harga dari Toyota Agya dan Daihatsu jelas berbeda, harga Toyota Agya dan Daihatsu Ayla baik baru maupun bekas lebih murah Daihatsu Ayla