Menengok Kelebihan Dan Kekurangan Agya Dan Ayla

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TOYOTA AGYA DAN DAIHATSU AYLA — Kebijakan Pemerintah mengeluarkan program mobil murah dan ramah lingkungan atau Low Cost Green Car ( LCGC ) disambut hangat oleh berbagai produsen mobil. Tidak ketinggalan PT .Astra yang menyambutnya dengan kehadiran “Si Kembar” Agya dan Ayla. Meski diusung oleh dua merek berbeda yaitu Toyota dan Daihatsu, namun fitur hingga tongkrongan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla sangat mirip. Sambutan lebih antusias diberikan oleh konsumen, maklum saja sebelum diluncurkan sudah terdengar kabar dua mobil ini dijual dengan harga cukup murah.

Konon sampai akhir tahun 2013 Ayla mencatatkan 50% penyumbang penjualan Daihatsu . Kehadiran Agya dan Ayla merupakan hasil rancangan Produsen Daihatsu, yang kemudian memasok mobil ini untuk Toyota di bawah konsinyasi produksi dan perjanjian manufaktur OEM. Jadi tidak mengherankan jika tongkrongan dan fitur Toyota Agya dan Daihatsu Ayla sangat mirip.

Kehadiran mobil murah Toyota Agya dan Daihatsu Ayla ini mungkin mesih menyisakan banyak tanya di kalangan pembeli. Wajar saja, dengan harga murah tersebut apakah bisa diandalkan atau tidak. Jika dibandingkan dengan mobil-mobil terbaru lainnya, harganya terpaut cukup jauh. Sebagai bahan pertimbangan membeli Toyota Agya dan Ayla, mungkin beberapa kelebihan dan kekurangan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla bisa menjadi pertimbangan anda sebelum membeli mobil.

Mulai Dari Spesifikasi Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

1. Dimensi Dan Spesifikasi Teknis Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

panjang : 3580 mm
lebar : 1600 mm
tinggi : 1510 mm
jarak sumbu : 2730 mm
berat kosong : 746 kg
radius putaran kemudi : 4.4 m
kapasitas Mesin : 999 cc (1 liter) DOHC fuel injection
tenaga mesin : 65 HP di 6000 rpm
torsi mesin: 85 Nm pada 3600 rpm
jumlah silinder mesin : 3
jumlah valve mesin : 12
diametes x langkah : 72 x 81 mm
Ban penggerak : Ban depan (Seperti sedan umumnya)
system keamanan : SRS airbag
ukuran Ban : 175/65-R14
Velg : alloy 6 spoke wheel ukuran 175/65 R14
Spion : electric (kecuali varian E)
fitur lainnya : AC , power windows + central door lock, power steering

2. Interior Agya dan Ayla

Setelah exterior, kini giliran kita membahas interior dari Agya. Dashboard dibuat bersama-sama dengan 2 Din Audio CD/MP3/USB/Aux perak.

Untuk memberikan kesan mobil mewah meskipun murah, Agya tampil dengan hiasan krom pada A/C register, krom di tuas rem park dan krom di tuas perseneling.

Tampilan speedometer juga dirancang cukup menarik dan mudah dibaca. Menariknya, sudah ada Multi Information Display yang dapat menampilkan konsumsi bahan bakar, jarak tempuh, indikator bensin, dan alarm.

Untuk keamana dan keselamatan, mobil ini dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti dual SRS Airbag, sabuk pengaman, central locks dalam kecepatan di atas 20 km/jam mobil akan mengunci secara otomatis. Ada juga fitur spion elektrik pengaturan yang tepat di sebelah kemudi.

Tempat untuk menaruh botol minum setiap pintu depan dan belakang dan di depan barisan tengah tepat di atas tuas persneling.

Kursi terbuat dari kain tapi tidak begitu tebal. Ada juga headrest (sandaran kepala) dan sabuk pengaman di kursi baris kedua. Bagasi belakang cukup luas untuk menempatkan sebuah koper besar dan dua koper kecil

Lanjut Dengan Kelebihan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Yang menarik dan menjadi keunggulan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla adalah harganya yang murah. Mobil Toyota Agya ini merupakan salah satu jenis mobil yang masuk dalam kategori mobil Low Cost and Green Car (LCGC).
Desain eksteriornya yang futuristik. Boleh dibilang harganya murah akan tetapi bentuk atau model dan juga desain mobil Agya bisa dibilang futuristik yakni bentuknya cukup menarik untuk dilihat dan tidak ada kesan sama sekali jika mobil tersebut sebenarnya murah. Murah bukan berarti murahan kan.
Tempat duduk Toyota Agya dan Daihatsu Ayla ini memiliki kapasitas penumpang yang lumayan banyak yakni bisa menampung hingga 5 penumpang.
Hemat bahan bakar. Tahukah anda kalau mobil ini telah menggunakan mesin dengan kapasitas sekitar 999 cc yang tentu saja konsumsi untuk bahan bakar mobil ini tergolong cukup irit, asumsinya 1 liter bahan bakar bisa dipakai untuk jarak tempuh sekitar 30 km.
Untuk segi spare part mudah di dapat. sama sama yang seperti kita ketahui kalau Toyota adalah salah satu produsen mobil yang cukup besar dan juga laris di Indonesia, dealernya tersebar di seluruh daerah di Indonesia, so anda tidak akan kesulitan untuk mencari suku cadangnya.
Untuk letak dan juga posisi mesin mobil ini berada di depan, hal tersebut tentu dapat meminimalisir resiko bila terjadi benturan nantinya.

Kelemahan dan Kekurangan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Selain berbagai kelebihan yang dimiliki Toyota Agya dan Daihatsu Ayla di atas, ada beberapa kekurangan yang dimiiki yaitu:

Ukuran cc yang kecil menjadikan tenaga yang dihasilkan juga tidak terlalu besar yakni 65 ps saja.
Akselerasi dirasa masih lambat, untuk mencapai speed 100km/jam memerlukan waktu sekitar 14 detik.
Bobot yang terlalu ringan membuat kedua mobil ini tidak cocok untuk akselerasi cepat.
Fitur sangat sederhana bahkan pada Daihatsu Ayla type termurah tidak tersedia fitur airbag dan AC.

Semua tergantung anda bagaimana menyesuaikan antara kebutuhan dan harapan anda memilih mobil murah. Toyota Agya dan Daihatsu Ayla menawarkan dengan segale kelebihan dan kekurangannya, anda menentukan pilihan.

Leave a Reply