Ertiga Double Blower Sejuk Lebih Merata

ERTIGA DOUBLE BLOWER — Totalitas Suzuki dalam menyasar pasar Low-end MPV (Multi-Purpose Vehicle) nampaknya ditunjukkan dengan perbaikan performa Suzuki Ertiga Sigle Blower. Meski dikatakan Low-end, namun faktor kenyamanan dan kemewahan tetap diakomodasi pada Ertiga Double Blower ini. Ini adalah mengakomodasi kondisi jalanan di kota-kota besar Indonesia yang macet dan panas menyengat. Konsumen memerlukan udara sejuk yang cepat merata ke seluruh ruang mobil. Maklum saja dengan tiga baris tempat duduk dan 7 penumpang, penyebaran hawa dingin AC dirasakan kurang cepat merata.

Dengan perubahan desain double blower ini kenyamanan dinginnya udara akan dirasakan oleh semua penumpang. Meski dengan desain double blower, konsumsi BBM Ertiga double blower tidak akan berbeda dengan yang single, hal ini disebabkan kapasitas kompresor AC antara Ertiga Single Blower dan Double Blower sama, hanya saja kapasitas kompresornya lebih tinggi atau besar. Sepanjang masih menggunakan bawaan pabrik tidak akan ada perbedaan, demikian dituturkan Davy Tuilan, 4W Marketing & DND Director PT Suzuki Indomobil Sales.

Untuk menguji konsumsi BBM Suzuki Ertiga yang sudah include small MPV bonnet yang dilengkapi dual airbag dan rem ABS ini juga dibekali dengan multi information display (MID) yang di antaranya mencantum perhitungan konsumsi BBM averege dan riil secara computerized oleh ECU. Hasilnya, bila dibandingkan dengan versi single blower (SB) yang pernah diuji sebelumnya, tidak ada perbedaan yang signifikan. Misalnya untuk pemakaian dalam kota, bila pada Ertiga SB average-nya bisa mencapai 13 km per 1 liter Premium, maka pada Ertiga DB mencapai 12,7 km/liter.

Penampahan double blower pada Ertiga ini tentu berimplikasi pada harga yang berbeda, jika ingin sejuk lebih merata maka Ertiga Double blower memiliki selisih harga 4.8 juta. Kenyamanan Suzuki Ertiga selain dari kesejukan kabin juga karena desain yang menggabungkan MPV dan sedan, yaitu platform Suzuki New Swift sehingga menghasilkan sebuah kenyamanan yang tidak dimiliki oleh kendaraan Low MPV lainnya.

Spesifikasi Dan Harga Suzuki Ertiga

Selain berbagai aksesoris dan Ac Double Blower tersebut, berbagai fitur Ertiga Double Blower memiliki kesamaan dengan pendahulunya. Ertiga dipasarkan dengan Varian GA, GL, GX semua dengan transmisi Manual. Masing-masing varian memiliki harga yang berbeda dengan kisaran harga mobil Ertiga Single Blower yang ditawarkan kepada konsumen adalah tipe GA Rp.145.000.000, GL Rp.155.000.000 dan GX Rp.167.000.000 .

Dari aspek mesin, Ertiga dihadirkan ke Indonesia dengan mesin berkapasitas 1373 cc dengan menggunakan mesin K14B DOHC, 16 katup, VVT (Variable Valve Timing). Didukung Multi Point Injection, atau sistem suplai bahan bakar kedalam ruang bakar mesin terkonrol secara elektronik sehingga menghasilkan pembakaran sempurna dan mendapatkan performa mesin yang baik, emisi gas buang yang baik (sesuai dengan standar euro-3) dan pemakaian bahan bakar ekonomis. Selain itu mesin K14B dikenal ringan dan kompak dalam memberikan akselerasi, tenaga dan efisiensi BBM (Bahan Bakar Mesin) yang tinggi.

Interior Ertiga sesuai dengan namanya yang merupapakan gabungan dari: Er (dari huruf R) yang berarti Row (baris) dan Tiga yang berarti angka 3. Jadi ERTIGA berarti mobil yang memiliki 3 baris pada interiornya dengan berkapasitas 7 orang penumpang / 7 seaters seperti MPV pada umumnya.

Untuk penggerak roda, Ertiga menggunakan Front Wheel Drive (Penggerak roda depan), yang memiliki keunggulannya untuk menggerakan roda tidak perlu melalui propeler shaft sehingga akselerasi lebih responsif, konsumsi bahan bakar lebih irit, space floor ERTIGA menjadi lebih lega, dan tidak mudah slip dijalan yang licin.

Dimensi Ertiga memiliki panjang 4,265 meter, lebar 1,695 meter dan tinggi 1,685 meter. Kendaraan inipun telah terpasang fitur keselamatan dimana sudah dilengkapi Side Impact Beam dan Anti Lock Braking System serta dual Air Bag seperti pada model GX. Untuk pilihan warna Ertiga ada 8 (delapan) : Pearl white, Graphite grey metallic, Dusky brown metallic, Radiant red pearl, Serene blue metallic, Silky silver metallic, Cool black metallic, dan Burgundy red pearl.

Leave a Reply