Datsun Go Meramaikan Pasar Mobil Hemat Energi

DATSUN GO — Nama Datsun memang sudah cukup lama absen dalam produksi mobil-mobil barunya. Sudah sekitar 30 tahun Datsun tidak mengeluarkan produk untuk meramaikan persaingan industri otomotif dunia. Nissan sebagai pemegang merek Datsun memang tidak mengaktifkan merek ini semenjak tahun 1981. Namun kini angin segar bagi pecinta Datsun dengan hadirnya Datsun Go, yang konon konsumsi BBM nya sangat irit. Konsumsi BBM Datsun Go diklaim mampu mengkonsumsi bbm 1 liter untuk 20 km.

Datsun Go adalah mobil Hatchback mungil dengan mesin 1200cc bermesin 3 silinder. Untuk permulaan Datsun Go akan dijual di India sebagai tempat lahirnya mobil mungil ini. Di India Datsun Go akan dipasarkan dengan kisaran harga sekitar 400 ribu rupee atau sekitar 6.700 USD, atau jika dirupiahkan sekitar Rp 67 juta. Untuk selanjutnya Datsun Go juga akan dipasarkan di negara-negara dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi seperti Rusia, Afrika Selatan dan Indonesia beberapa tahun mendatang.

Spesifikasi Datsun GO

Mengusung mesin dengan kapasitas 1200 cc dan 3 silinder, Datsun Go diklaim mampu menghasilkan tenaga 68 HP dengan torsi maksimum 104 Newton meter. Dengan konsumsi BBM yang cukup hemat (1:20), Datsun Go ini layak masuk menjadi salah satu mobil LCGC (Low Cost Green Car).

Dari sisi dimensi Datsun Go memiliki lebar 1,635 meter, tinggi 1,485 meter dan panjang 3,785 meter. Namun demikian interior lapang berkat fondasi body yang lebar dan wheelbase berukuran 2,45 meter.

Interior Datsun Go

Interior Datsun Go

Menurut pihak Nissan Motor Co , interior Datsun GO cukup nyaman. Sebab, headroomnya cukup tinggi dan konfigurasi bangku depannya lapang. “Nyaman untuk lima penumpang dan lincah di tengah kepadatan lalu lintas,” demikian pernyataan Nissan Motor Co.

Dari aspek keamanan Datsun GO di India sudah dilengkapi bantal udara pengaman (airbag) dan rem anti-slip (anti-lock braking systems/ ABS). Kemungkinan fitur kenyamanannya sama dengan Nissan Micra atau Nissan March di Indonesia.

Bagi Pecinta Datsun di Indonesia, nampaknya harus cukup bersabar untuk menjajal ketangguhan Datsun Go ini, karena Nissan baru merencanakan pemasaran di Indonesia tahun 2014 mendatang.

One Response to Datsun Go Meramaikan Pasar Mobil Hemat Energi

  1. agus says:

    berapa harga real nya nanti di indonesia?

Leave a Reply