Velg Modifikasi Bergaya JDM

VELG MODIFIKASI GAYA JDM — Modifikasi pada mobil sangatlah bervariasi, tidak jarang sampai merombak total dari desain pabrikan. Tentunya modifikasi besar-besaran pada mobil itu butuh budged dan juga kreatifitas yang luar biasa. Jangan sampai sudah keluar duit banyak tetapi hasilnya mengecewakan. Nah kalau mau modifikasi mobil yang “murah-murahan”, tanpa resiko gede adalah mengubah penampilan velg standar ke velg modifikasi yang sesuai dengan selera dan juga mobil anda.

Salah satu gaya modifikasi yang poluper adalah gaya JDM( Japanese Domestic Market). Mengapa pilihan modifikasi velg ala JDM ini jadi pilihan? Ya karena kita bisa membuat modis tunggangan kita tanpa biaya yang besar. Modifikasi velg ala JDM sendiri tidak akan mempengaruhi fungsinya sebagai mobil harian namun bisa tampil modis dan sporty.

JDM sendiri pada mulanya adalah pasar lokal Jepang yang hanya membuat dan memasarkan mobilnya di dalam negeri. Bahkan dengan nasionalisme yang tinggi, pasar lokal di Jepang lebih lengkap daripada di luar negerinya. Sekarang JDM lebih dikenal dengan aliran modifikasi yang semua komponennya menggunakan merek Jepang, bukan replika atau tiruan yang dipakai.

Ada banyak modifikasi ala JDM ini baik interior maupun eksterior. Kita akan sedikit kupas pada bagian velg modifikasi ala JDM. Macam velg JDM apa saja yang bisa dipilih untuk mempermanis tunggangan kita.

Jenis-Jenis Velg Untuk Modifikasi JDM

Beberapa jenis velg JDM yang bisa dipilih antara lain :

1. Velg Enkei RPF1

Velg Enkei RPF1

Bentuk Velg Enkei RPF1

Velg Enkei RPF1 diproduksi oleh salah satu produsen velg terbesar di dunia yang terkenal akan daya tahannya karena rancangan yang matang dan banyak digunakan dalam ajang balapan, termasuk drift.
Velg Enkei RPF1merupakan velg paling populer hingga saat ini. Kokoh, ringan, modis menjadikannya memiliki pesona yang memikat sehingga banyak tuner memburunya. Bahan yang digunakan untuk pembuatan velg ini berupa cor aluminium dengan proses yang disebut Enkei’s MAT (Most Advanced Technology). Beberapa warna yang ditawarkan antara lain Hitam, Silver, Gold atau SBC.

2. Velg Rota Grid V

Velg Rota Grid V

Velg Rota Grid V

Jenis Velg model Rota Grid V merupakan pilihan yang sangat populer saat ini, dan hal itu tidak mengherankan. Memiliki pola sport enam spoke, velg ini lebih cocok untuk digunakan pada mobil yang fendernya berukuran kecil, khas sedan 90-an seperti Corolla Twincam, Great Corolla,Civic Genio,dan juga Mitsubishi Lancer CB5 / Evo 3.

3. Velg Rota Slipstream

Velg Rota Slipstream

Velg Rota Slipstream

Model Velg ala Rota Slipstream merupakan pilihan bagi penyuka minimalis. Karakter dari RVelg Rota Slipstream ini memiliki bobot mulai dari hanya 5.1 kg yang tergolong ringan ditambah lagi bentuknya yang kokoh, sehingga cocok untuk Anda yang sering cruising di jalan tol.
Sama halnya Seperti Enkei RPF1 di atas, Rota Slipstream tidak hadir dengan pilhan warna yang banyak. Beberapa warna yang disediakan hanya ada 3, Hitam, Putih dan Silver. Desain 5 spoke mungkin lebih cocok untuk mobil dengan tahun produksi di atas 2000an.

4. Velg RS Watanabe

Velg RS Watanabe

Velg RS Watanabe

Velg model RS Watanabe ini memiliki desain kokoh yang dapat terlihat jelas dari desain retro yang digunakan. Velg RS Watanabe hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
Velg RS Watanabe cocok untuk diterapkan dalam modifikasi mobil retro seperti Corolla DX, Toyota Cressida, ataupun mobil retro lainnya.Velg RS Watanabe ini hadir dalam dua warna yaitu Perak dan Black

5. Velg Rota RT5

Velg Rota RT5

Velg Rota RT5

Penampilan dari desain velg Rota RT5 sangat mirip dengan Rota Grid V yang desainnya menggunakan 6 spoke.Perbedaannya dengan Rota Grid Grid, velg ini sama sekali tidak cocok untuk mobil yang lingkaran fendernya kecil. Lebih cocok ke mobil yang memiliki gen sporty seperti Nissan 370Z, Toyota Celica, dan juga FT86. Seperti kebanyakan velg Rota, RT5 dihadirkan dengan berbagai warna, lebar dan offset.

6. Velg BBS RS

Velg BBS RS

Velg BBS RS

Model velg selanjutnya untuk modifikasi ala JDM adalah BBS RS . Biasanya velg BBS RS banyak diaplikasikan pada mobil Eropa seperti BMW dan Volkswagen seri tua. Namun demikian velg ini seakan memberikan tampilan yang juga cocok untuk mobil Jepang.
Hal ini terbukti dengan kehadiran MX5 generasi pertama yang ditawarkan dengan Velg BBS RS sebagai paket penjualannya. Kelebihan BBS RS adalah lingkar bibirnya dapat dicopot dan dipasang kapan saja dengan menggunakan kunci khusus. Warna yang ditawarkan ada tiga, antara lain Emas, Perak dan hitam. Sedangkan lingkarnya berupa krom anti gores.