Teknologi 3D Pada Ban Bridgestone

BAN OFFROAD BRIDGESTONE — Kenyamanan dan keamanan adalah hal mutlak yang harus dipenuhi oleh ban untuk kendaraan Offroad. Maklum saja medan yang akan dilalui oleh kendaraan Offroad adalah “jalan” yang tidak pernah terduga keadaannya, karena itu bagian kaki-kaki kendaraan harus mampu mengantisipasi itu. Sebagai produsen ban besar, PT Bridgestone Tire Indonesia (BSI) nampaknya terus menerus aware akan kebutuhan kenyamanan konsumen. Salah satunya adalah dengan mengelurakan produk ban offroad yang telah menggunakan teknologi 3D.

Produk ban off-road Dueler M/T 674 yang dibuat dengan menggunakan teknologi 3D menjadikan ban jenis ini lebih tangguh, aman, dan stylish. Menurut Product Planning Manager BSI Eko Supriyatin , Teknologi 3D pada Ban Bridgestone membuat traksi ban lebih baik di jalan lumpur, lebih nyaman dan stabil di jalan kering, dan lebih lama mengalami aus.

Ketanguhan ban Bridgestone Dueler M/T 674 dibuktikan dengan melakukan ujicoba pada lintasan aspal dan lintasan off-road yang telah disediakan di Bridgestone Proving Ground di Karawang, Jawa Barat. Di setiap sesinya, disediakan masing-maing dua unit kendaraan. Di lintasan off-road menggunakan dua unit Mitsubishi Strada Triton dan di lintasan aspal menggunakan dua unit Mitsubishi Pajero Sport.Kendaraan-kendaraan tersebut digunakan untuk merasakan perbedaan performa ban antara Dueler M/T 674 dengan ban sejenis dari salah satu kompetitor. Hasilnya adalah ban buatan Bridgestone ini lebih minim dalam menghasilkan getaran ke dalam kabin, terutama saat melahap tikungan

Eko menjelaskan bahwa ban itu memiliki desain kurva Grooves 3D yang dinamis untuk melepaskan lumpur yang melekat di ban dan membuat pengendalian ban lebih prima bahkan pada kondisi jalan berlumpur yang sangat berat. Menurut Eko, Desain (Grooves 3D) ini berfungsi menyibak lumpur sehingga traksi tetap terjaga.

Desain Shoulder Lugs 3D untuk meningkatkan performa off-road lebih prima dengan memastikan daya tahan dan pengendalian prima.Desain Buttress 3D dan Upper Sidewall 3D untuk menghasilkan pengendalian dan perlindungan tambahan dari bahaya jalanan off-road.

Eko mengatakan desain telapak ban baru dan teknologi 3D mengurangi pusat keausan ban dan melindungi terhadap kerusakan tusuk dan potong. Karena tingkat keseimbangan keausan ban telah disempurnakan, maka usia ban lebih meningkat.

Sumber:antara

Leave a Reply