Mengenali Fungsi Knalpot Motor

FUNGSI KNALPOT MOTOR — Komponen motor yang satu ini banyak dikenal sebagai lubang pembuangan dari sepeda motor kita. Selain motor listrik, hampir semua jenis sepeda motor menghasilkan gas buang sebagai sisa pembakaran yang dibuang melalui knalpot sepeda motor. Meski merupakan “pipa” pembuangan, namun knalpot motor memiliki beberapa bagian yang memiliki fungsi sendiri-sendiri. Karena itu ketika kita ingin melakukan modifikasi knalpot motor kita , perlu dipertimbangkan beberapa hal agar fungsinya tetap terjaga namun bisa tambil modis dan gaya.

Bagian-Bagian Knalpot Motor

Pada knalpot sepeda Motor memiliki beberapa Komponen, yang paling minim dari knalpot motor terdiri dari satu pipa pembuangan dengan komponen utama adalah Header knalpot, Resonator, dan Silencer.

Header Knalpot

Header knapot merupakan bagian yang menghubungkan antara silinder dengan seluruh bagian knalpot untuk pembuangan gas sisa pembakaran. Bagian header knalpot ini yang tersampung langsung ke mesin. Header knalpot ini akan menyesuaikan dengan jumlah silinder pada motor (satu buah pada motor umumnya), pada mobil bisa dijumpai lebih dari satu, karena silindernya banyak.

Bagian Header Knalpot

Bagian Header Knalpot

Fungsi utama dari header adalah menghubungkan keseluruhan dari sistem knalpot (full system) dengan sistem buang atau ex yang dimiliki oleh suatu kendaraan bermotor. Sistem ex atau gas buang ini merupakan sisa dari hasil pembakaran yang tejadi di alam ruang bakar suatu kendaraan bermotor.

Resonator Knalpot

Bagian kedua dari knalpot adalah resonator knalpot atau yang biasa kita kenal dengan nama saringan knalpot. Resonator banyak dimiliki oleh kendaraan bermotor yang berfungsi untuk mengolah bunyi bising yang dihasilkan oleh hasil pembakaran mesin. Resonator knalpot biasa juga disebut juga sebagai saringan knalpot, sehingga kebisingan mesin dapat diredam oleh resonator knalpot ini.

Resonator Knalpot

Resonator Knalpot

Silencer Knalpot

Bagian Silencer knalpot ini biasanya ada di bagian ujung knalpot, fungsinya mirip dengan resonator yaitu meminimalkan kebisingan suara mesin motor. Pada kendaraan bermotor roda dua, biasanya silencer juga berisi saringan yang berfungsi sebagai resonator, sedangkan pada roda 4 biasanya resonator berada di bagian kolong mobil, sedangkan silencer berada terpisah.

Chamber Knalpot

Ada satu bagian knalpot yang hanya bisa dijumpai pada motor 2 tak, yaitu chamber knalpot. Chamber Knalpot berfungsi sebagai pemantul gas buang dari mesin. Pada motor 2 tak tidak memiliki valve atau katup sehingga diperlukan chamber knalpot. Karena itu knalpot motor 2 tak dan motor 4 tak memiliki perbedaan, sehingga jangan memasang knalpot motor 2 tak ke motor 4 tak atau sebaliknya.

Fungsi Knalpot Motor

Bagian-bagian knalpot motor memiliki peran dan fungsi masing-masing, namun secara garis besar knalpot memiliki beberapa fungsi. Berikut ini fungsi knalpot motor:

1. Meredam suara mesin motor

Fungsi utama dari knalpot pada kendaraan bermotor adalah untuk meredam suara ledakan pada ruang bakar. Ruang bakar akan menimbulkan ledakan – ledakan yang besar ketika terjadi proses pembakaran. Ledakan ledakan besar ini memiliki suara yang sangat memekakan telinga, terlebih lagi pada kendaraan dengan kapasiatas silinder besar dan banyak. Karena itu, knalpot sangat penting untuk meredam suara ledakan tersebut hingga menjadi lebih enak untuk didengar dan tidak menimbulkan polusi suara.

2. Meningkatkan tenaga motor

Fungsi knalpot lainnya adalah untuk meningkatkan tenaga pada kendaraan bermotor. Namun demikian, hal ini tidaklah bersifat mutlak, artinya, tidak semua penggantian knalpot dapat meningkatkan tenaga pada kendaraan bermotor. Hal ini sangat tergantunga dari desain knalpot dan juga bahan – bahan serta perhitungan matang dari knalpot terhadap speseifikasi mesin. Dengan melakukan perhitungan yang tepat, maka hal ini akan meningkatkan tenaga mesin dari kendaraan bermotor anda.

3. Mempercantik Penampilan Motor

Sebagai fungsi lainnya, knalpot juga sringkali difungsikan sebagai pemanis kendaraan. Beberapa knalpot memang memiliki bentuk dan juga desain yang unik. Desain dan juga bentuk dari knalpot yang unik ini seringkali dijadikan sebagai pemanis dari kendaraan bermotor, untuk tujuan penampilan. Biasanya hal ini diaplikasikan pada kendaraan bermotor yang akan diikutkan ke dalam suatu kontes.

Dalam melakukan modifikasi motor pada bagian knalpot, hendaknya perlu dipertimbangkan beberapa fungsi tersebut. Sehingga saat memilih knalpot tidak sekedar masalah estetika saja yang diperhitungkan tetapi juga fungsi-fungsi lain juga terakomodasi.