Mengenal Jenis Velg Motor

JENIS VELG MOTOR — Tentunya para biker sudah tidak asing dengan yang namanya velg pada motor kita. Peranan velg (rims) pada motor merupakan tempat melekatnya ban sehingga fungsi roda bisa motor bisa berjalan dengan sempurna. Selain faktor fungsi dari velg yang cukup vital, penggunaan velg pada motor akan turut mendukung penampilan motor. Velg motor akan menambah penampilan motor bisa lebih oke. Velg motor bisa membuat motor lebih gagah, lebih modis atau hanya biasa-biasa saja.

Jika kita ingin penampilan motor kita lebih oke namun tetap nyaman saat dikendarai, pemilihan velg yang tepat haruslah dipertimbangkan. Sebelum kita memilih velg untuk motor kita, perlu kita ketahui jenis-jenis velg yang biasa dipakai dalam motor pada umumnya.

Jenis Velg Motor

Pada dasarnya ada dua tipe velg yang biasa dipakai pada sepeda motor, yaitu yakni velg jari-jari (spoke wheel ) dan velg palang (solid wheel ).

Velg Jari-jari (Spoke Wheel)

Velg jari-jari merupakan jenis velg yang banyak dikembangkan oleh pabrikan sepeda motor. Meski untuk produk-produk motor terbaru kini sudah banyak yang memakai model velg palang. Pada Velg jari-jari hubungan velg dengan garpu disatukan oleh kawat-kawat logam yang membentuk pola tertentu.

Velg Jari-Jari

Velg Jari-Jari

Velg jari-jari dibuat dari logam besi yang dilapisi krom, yang memiliki beberapa keunggulan. Keunggulan dari velg jari-jari adalah kekuatan menahan beban, mampu meminimalkan getaran sehingga aman digunakan pada jalanan berlubang. Biasanya velg jari-jari ini juga lebih murah.

Kelemahan dari velg jari-jari ini adalah mudah karatan apalagi jika pemilik motor malas membersihkannya. Untuk pengguna ban tubeles, velg jari-jari ini tidak cocok untuk digunakan.

Velg Palang/Velg Racing

Velg palang atau biasa juga dikenal dengan Velg racing pada awalnya banyak dipakai untuk motor-motor balap, namun kini pabrikan motor sudah menggunakan velg jenis ini untuk motor biasa. Penampilan motor yang menggunakan velg racing atau velg palang ini nampak lebih sporty dan kokoh. Bedanya dengan velg jari-jari, pada velg palang ini velg dan pendukungnya dibuat sebagai satu kesatuan unit yang biasanya terbuat dari campuran alumunium, karbon dan logam lain (cetak).

velg-racing

Salah Satu Bentuk Jenis Velg Racing

Velg palang atau velg racing dibuat dari campuran alumunium, karbon, dan logam lain. Pada awalnya campuran logam ini juga dicampur dengan magnesium, tapi karena sifatnya yang mudah terbakar, maka mag-alloy velg dilarang untuk dipergunakan balapan.

Keunggulan dari velg palang ini adalah kekokohannya meskipun dipakai untuk kecepatan tinggi, karena itu velg ini banyak dipakai untuk motor balap. Karena itu pula velg palang disebut juga dengan velg racing. Velg palang ini sangat cocok untuk dipakai dengan ban tubeles. Jika velg racing tidak menggunakan ban tubeless maka resiko kerusakan velg karena menambal ban lebih besar. Namun jika menggunakan ban tubeless saat ban mengalami kebocoran, maka Anda tidak perlu melepas ban dari velg, sehingga kerusakan pada velg dapat terhindar.

Kelemahan dari velg racing ini adalah lebih mahal biaya produksinya sehingga harga jualnya juga lebih mahal. Selain itu velg racing tidak cocok untuk dipakai pada jalanan berlubang, karena lebih rentan mengalami kerusakan.