Tips Menjaga Rem Tetap Pakem Saat Musim Hujan

MENJAGA REM TETAP OAKEM SAAT HUJAN — Saat musim penghujan datang, tidak bisa terhindarkan dalam berkendaraan baik mobil atau motor akan menerabas genangan air. Genangan air karena hujan atau bahkan banjir akan banyak berpengaruh pada kendaraan kita. Selain air hujan yang masuk ke beberapa bagian motor atau mobil, daya cengkeram rem juga akan mengalami penurunan. Karena itu kita harus waspada dan tetap menjaga agar daya cengkeram rem tetap pakem meski saat musim hujan.

Meski daya cengkeram rem kendaraan akan menurun saat melintasi banjir atau hujan, namun itu bukan hal permanen dan bisa diatasi dengan cepat. Saat kendaraan melintas ke daerah banjir air masuk ke dalam cakram dan juga tromol, dengan demikian tromol dan cakram akan basah oleh air. Inilah yang membuat daya cengkeram rem menurun dan pengereman menjadi tidak pakem lagi.

Untuk mengatasi rem yang tidak pakem pada saat musim penghujan lakukan langkah sederhana berikut. Pertama kali periksa dulu kondisi rem setelah melintas genangan air, lakukan pengereman dan jangan pacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Jika dirasakan rem menjadi kurang pakem , tahan rem beberapa saat sambil jalankan kendaraan beberapa meter. Bisa juga sambil dilakukan pengegasan dan berjalan sekitar 15 meter, kemudian dicoba lagi apakah pengereman sudah dirasakan pakem. Jika sudah pakem bisa lanjutkan berkendaraan seperti biasa.

Nah sederhana bukan? itulah tips sederhana mengatasi rem kendaraan yang tidak pakem karena musim hujan. Selamat mencoba.