Tips Membuat Sepeda Motor Tetap Mengkilap

MEMBUAT MOTOR MENGKILAP — Salah satu yang membuat keren tongkrongan motor adalah cat yang selalu bersih dan mengkilap. Berbeda dengan motor yang baru keluar dari pabrik, cat motor lama kelamaan cenderung memudar warnanya. Namun jika dirawat dengan benar dan teratur walau telah berumur tua, cat motor akan tetap tampak mengkilap dan seperti baru, Ujung-ujungnya motor anda tetap trendi dan menarik hati.

Untuk bisa menjaga penampilan motor agar tetap mengkilap dan trendi, ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan. Meski sederhana namun terkadang tidak banyak yang mau melakukan. Kuncinya adalah ketelatenan dalam merawat motor. Berikut tips menjaga motor tetap mengkilap:

1. Jaga Motor Selalu Dalam Kondisi Bersih

Tidak bisa dipungkiri kotoran akan selalu hinggap pada motor, apalagi motor selalu dipakai untuk bepergian setiap hari. Dalam kondisi cuaca hujan kotoran dengan mudah menempel pada bodi sepeda motor dan bagian lainnya. Pada musim kemaraupun debu mudah menempel pada motor.
Hal penting dalam menjaga motor tetap mengkilap adalah menjaga kebersihan motor . Setelah dipakai atau terkena kotoran segera dibersihkan, baik dengan mencuci atau mengelap dengan kemoceng atau kain halus. Namun hati-hati dalam mengelap jangan sampai menggores cat motor. Tahap awal dilap dengan kemoceng selanjutnya bisa dengan lap halus atau kanebo yang dibasahi dengan air.
Jika kotoran sudah sedemikian parah, mencuci motor adalah pilihan terbaik. Gunakan semprotan dengan tekanan tinggi dan sabun khusus untuk motor.

2. Berikan Lapisan Wax

Lapisan wax atau silikon akan membuat tampilan motor lebih mengkilap dan cemerlang. Aplikasi ini cocok diberikan pada motor setelah dicuci bersih dan dikeringkan. Lapisan silikon akan melindungi cat dari sinar matahari dan partikel kotoran yang menempel. Memang ada kontroversi pemakaian silikon ini, ada yang berpendapat akan menggerus cat dan ada yang tidak. Memang ada dua jenis material ini , ada yang bersifat menggerus cat dan ada yang bersifat melapisi.

3. Hindari Goresan Pada Cat

Awal dari kusamnya cat motor anda adalah adanya gesekan cat dengan benda-benda keras. Gesekan-gesekan ini akan menimbulkan goresan kecil pada cat. Jika jumlah goresan banyak maka cat akan menjadi kusam. Hindari bodi motor bergesekan dengan benda kasar, jika terlanjur bisa dihaluskan dengan mengusapkan compound halus. Lakukan dengan hati-hati dan merata. Meski ini akan menggerus cat, namun akan menghilang goresan dan lebih mengkilap. Hati-hati jangan sampai cat habis dalam aplikasi ini.

4. Menutupi Sepeda Motor

Saat sepeda motor tidak dipakai sebaiknya motor ditutup dengan cover pelindung. Selain itu saat diparkir usahakan tidak berada pada posisi terpapar terik matahari dan hujan. Carilah posisi parkir yang terlindung dari sinar matahari dan hujan.
Meski motor sudah berusia tua, namun tidak menghalangi untuk tetap tampil keren dan mengkilap, semua tergantung cara perawatan. Motor yang masih mengkilap juga akan awet mengkilat jika dirawat dengan baik. Selamat mencoba.

Leave a Reply