Tips Membersihkan Injektor Sepeda Motor

MEMBERSIHKAN IJEKTOR MOTOR — Injektor pada motor injeksi merupakan bagian penting yang berpengaruh terhadap performa mesin motor. Seperti halnya komponen pada sistem karburator, injektor pada motor injeksi bisa terkena kotoran yang akan membuat kualitas semprotan injeksi menjadi tidak maksimal, sehingga pembakaran tidak sempurna dan menghasilkan gas buang yang kotor. Injektor memerlukan regular maintenance atau pembersihan secara regular untuk memastikan dalam kondisi bersih dan bekerja maksimal sehingga performa mesin tetap terjaga.

Membersihkan injektor memang bukan perkara gampang bagi yang belum berpengalaman. Diperlukan alat khusus untuk membersihkan injektor. Biasanya membersihkan injektor dilakukan oleh ahli yang disertai peralatan yang komplit. Tarifnyapun bervariasi dari 30 sampai 50 ribu diluar service lainnya.

Jika ingin berhemat atau iseng-iseng membersihkan injektor motor sendiri ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Tetapi hati-hati, kesalahan pada proses ini akan berakibat fatal. Timing dalam prosesnya sangat menentukan. Berikut langkah membersihkan injektor motor sendiri:

1. Siapkan Peralatan Untuk Membersihkan Injektor

Peralatan yang dipergunakan untuk membersihkan injektor adalah sumber arus dc 12 volt baik dari Accu atau sumber lain. Sediakan juga cairan injector cleaner dan modul elektronika pengendali injektor. Pengendali injektor ini bisa dipakai atau tidak, jika tanpa pengendali injektor, harus hati-hati karena injektor tidak boleh diberikan arus lebih dari 5 detik.

alat-membersihkan-injektor

Alat Membersihkan-Injektor, Koleksi Motorplus

2. Lepaskan Injektor Dari Motor

Untuk membersihkan injektor dari kotoran, injektor harus dilepaskan dari posisinya pada motor, baru bisa dilakukan pembersihan. Bersihkan semua bagian injektor yang terlihat kotor.

3. Proses Membersihkan Injektor

Setelah injektor dilepaskan, buka penutup di bagian atas, bagian ini merupakan input cairan injektor cleaner. Sambungkan bagian catu daya plus dan minus dengan sumber arus dari accu atau sumber lain. Jika tidak menggunakan rangkaian pengontrol lama pemberian arus harus diperhatikan agar tidak terjadi kerusakan pada injektor. Kotoran akan keluar dari injektor selama langkah ini dilakukan. Lakukan hingga bersih.

membersihkan-injektor

Proses Membersihkan Injektor Motor

4. Pasang Kembali Injektor

Setelah proses pembersihan injektor selesai dilakukan, pasang kembali injektor pada posisi yang benar. Injektor bersih dan tarikan motor makin mak wussssssss..

Selamat Mencoba.

Leave a Reply