Tips Membeli Motor Bekas, Perhatikan Komponen Yang Dikanibal

TIPS MEMBELI MOTOR BEKAS — Membeli motor bekas menjadi salah satu pilihan jika budged untuk beli motor baru tidak mencukupi. Tidak hanya itu ada pertimbangan lain dalam membeli motor bekas, misalnya saja model yang sudah tidak keluar dari motor bekas yang dicari. Membeli motor bekas jika jeli bisa mendapatkan motor yang masih bagus namun harganya murah. Namun jika lagi apes harganya kemahalan namun dapat motor bobrok. Karena itu anda harus jeli dalam membeli motor bekas.

Jika anda akan membeli motor bekas, lebih bagus kalau tahu riwayat pemakaian dan perawatan motor tersebut. Biasanya ini jika membeli motor bekas dari kawan, saudara atau kenalan. Namun ini cukup sulit. Nah paling gampang adalah membeli motor bekas dari pedagang motor atau dari motor bekas yang diiklankan.

Jika anda membeli motor dari yang ada di iklan atau pedagang adan harus hati-hati dan jeli memilihnya. Selain kondisi mesin dan seluruh bagian motor yang harus anda pelototi, juga beberapa komponen yang sering dioplos atau diganti dengan komponen lain kelas KW. Komponen motor kelas KW jelas memiliki material bahan yang lebih jelek dari komponen asli.

Berikut ini adalah beberapa komponen yang sering diganti dengan komponen motor kelas KW :
1. Komponen bodi. Misalnya bodi samping, belakang.
2. Lampu-lampu. Versi ”KW” sudah sangat banyak beredar. Kualitasnya jelas jauh di bawah barang asli, baisanya cepat pudar dan pecah.
3. Suspensi. Perhatikan model asli dan warna garpu depan. Bisa jadi komponen ini diganti dengan barang lama yang sudah berkali-kali diservis.
4. Kaliper rem dan pelek. Biasanya sepaket. Cukup sulit membedakan, sebaiknya tanyakan detail ke penjual.
5. Untuk versi sepeda motor karburator, bagian ini paling rawan diganti. Tes dulu sebelum membeli.

Nah itu adalah beberapa tips memilih motor bekas dengan memperhatikan beberapa komponen yang sering diganti dengan kelas KW.