Tips Memanaskan Motor

TIPS MEMANASKAN MOTOR — Banyak biker salah kaprah dalam masalah memanasi mesin motor sebelum digunakan. Banyak biker menggeber-geberkan gas secara kencang sampai memekakkan telinga dengan tujuan untuk memanasi motor kesayangan. Ini dengan tujuan agar mesin cepat panas. Eits… jika anda termasuk salah satu yang demikian sebaiknya jangan diteruskan. Tidak hanya untuk motor injeksi saja, motor dengan sisten karbu juga sama saja.

Proses memanasi mesin pada motor pada dasarnya bukanlah pekerjaan untuk “membuat mesin panas” seperti makna harfiahnya. Memanasi mesin pada dasarnya bertujuan untuk meratakan oli mesin pada seluruh bagian mesin. Pada saat motor berhenti lama oli mesin akan berkumpul di bagian bawah sesuai dengan hukum alam. Karena itu setelah motor berhenti oli mesin perlu didistribusikan ke seluruh bagian mesin yang perlu dilumasi.

Jika seluruh bagian mesin sudah terlumasi oleh oli, maka mesin motor sudah siap untuk bekerja menopang beban bodi dan juga si rider. Namun jika oli belum rata dan mesin dipaksa bekerja keras potensi gesekan akan makin besar sehingga mesin cepat rusak.

Bagaimana Cara Memanaskan Motor Yang Benar?

Nah jika tujuan memanaskan mesin motor sudah kita ketahui, lantas bagaimana cara memanaskan motor yang benar? Untuk memanaskan medin motor karburator maupun motor injeksi cukup dinyalakan saja tidak perlu digas kenceng-kenceng dan gigi jangan dimasukkan. waktu untuk memanasi mesin motor juga ndak usah lama-lama , paling setengan menit sampai satu menit.

Berbeda dengan Motor karburator, motor injeksi sudah lebih pintar dan canggih dibandingkan dengan motor karburator. Kebutuhan bahan bakar untuk sepeda motor injeksi ini sudah diatur oleh Engine Control Module (ECM) dan tak perlu menarik handel gas saat memanasi mesinnya.
Dengan memanaskan mesin sepeda motor injeksi tak lebih dari satu menit, maka ada beberapa keuntungan. Pertama, mesin sudah mendapatkan sirkulasi oli dengan baik. Kedua, suhu mesin sudah cukup hangat untuk melakukan perjalana, dan ketiga, efisien dalam penggunaan bahan bakar atau tidak banyak terbuang sia-sia saat dipanasi.

Nah sebenarnya cukup sederhana untuk melakukan ritual memanasi mesin motor sehari-hari. Tidak perlu berlebihan, namun tujuan tercapai dan tidak ada yang sia-sia.