Tips Aman Mengendarai Motor Untuk Pemula

TIPS AMAN MENGENDARAI MOTOR — Mengendarai sepeda Motor menjadi alternatif pilihan yang mungkin dilakukan di saat sekarang ini. Jalanan kota yang semakin padat dan macet membuat motor menjadi pilihan agar lancar di jalan. Selain itu harga bahan bakar yang semakin mahal menjadikan motor menjadi alternatif karena hemat BBM. Karena sepeda motor merupakan sarana transportasi yang murah, pertumbuhan sepeda motor menjadi semakin meningkat luar biasa. Sayangnya pertumbuhan sepeda motor yang cepat dan murah ini kadang tidak disertai dengan cara mengemudi sepeda motor yang aman.

Rendahnya kesadaran mengendarai sepeda motor yang aman membuat angka kecelakaan yang melibatkan pemakai sepeda motor makin besar. Angka kecelakaan yang melibatkan pemotor 30 kali lipat dibandingkan dengan kecelakaan yang melibatkan mobil. Pada setiap musim mudik lebaran, angka kecelakaan yang melibatkan pemotor juga lebih besar dan menunjukkan angka peningkatan. Fakta lain adalah jumlah pengendara motor pemula atau belum cukup umur untuk mengendarai motor juga meningkat hal ini membuat resiko kecelakaan motor semakin besar.

Tips Aman Mengendarai Sepeda Motor

Melihat fakta tersebut penting untuk diperhatikan Tips Aman Mengendarai Sepeda motor, khususnya bagi pemula. Berikut ini beberapa tips Aman mengendarai Sepeda motor, yang mungkin berguna bagi anda:
1. Check Semua Perlengkapan Kendaraan Sebelum Berkendara
Meski ini adalah pekerjaan sederhana dan mudah namun sering dilupakan. Berjalanlah mengitari kendaraan sambil memeriksa komponen-komponen kendaraan, seperti tekanan ban, pemeriksaan lampu, klakson, lampu sein, rem dan lain sebagainya sebagai langkah antisipasi sebelum perjalanan.

2. Gunakan Sepeda Motor Yang sesuai dengan Anda
Jangan menggunakan kendaraan yang terlalu besar dan tinggi dibandingkan dengan tubuh anda. Misalnya saja motor yang terlalu tinggi membuat anda harus berjinnit saat berhenti. Ini menyulitkan anda saat anda harus berhenti mendadak, demikian juga dengan motor yang terlalu berat , anda akan kesulitan saat harus bermanuver pada situasi-situasi tertentu.

3. Pastikan anda sudah Lincah Berkendara
Banyak pengendara motor pemula yang sebenarnya belum lincah dalam mengendarai motor, namun terlalu percaya diri dengan menggeber motor dengan kecepatan tinggi. Jangan terburu-buru untuk memacu kendaraan jika anda belum lincah betul, waspadai sekitarnya jika anda belum lincah, bagi orang yang belum lincah mengendarai motor situasi panik membuat anda hilang konsentrasi apalagi anda memacu motor terlalu kencang. Jadi buatlah anda lincah dulu jangan memacu terlau kencang, karena memacu motor dengan kencang lebih mudah daripada membuat anda lincah.

4. Gunakan Helm Pengaman di Kepala
Kepala anda lebih penting dari gengsi anda. Banyak orang enggan memakai helm karena malas atau biar terlihat gagah,namun ini beresiko apalagi di jalanan ramai dan kecepatan tinggi. Helm juga bermacam-macam, gunakan helm yang sudah teruji standard keamanannya kalai di Indonesia SNI. Pilihlah helm yang pas dan tidak terlalu berat namun aman melindungi kepala.Helm modern yang kuat, ringan, dan nyaman, akan mengurangi kebisingan angin dan mengurangi kelelahan dalam berkendaraan. Helm juga memiliki masa kadaluawarsa, gantilah helm setelah masa pemakaian kurang lebih 5 tahun. Masa pakai ini menjadi lebih pendek jika helm pernah dipakai dalam kecelakaan.

5. Kenakan Jaket dan Pakaian Pelindung yang aman
Menggunakan jaket kulit, sarung tangan dan celana panjang adalah pilihan yang baik dalam mengendarai sepeda motor. Selain melindungi dari terpaan angin yang masuk ke dalam pori-pori kulit, pakaian pelindung juga akan mengurangi resiko lecet yang lebih besar saat terjadi kecelakaan berkendaraan. Gunakan pula kacamata atau helm yang dilengkapi kaca pada bagian depannya.

6. Jadilah Defensif Jangan Agresif
Banyak orang terburu-buru dan agresif dalam mengendarai motor, ini salah satu hal yang menyebabkan tingginya angka kecelakaan motor. Jadilah orang yang defensif dalam mengendarai motor, selalu mengatur jarak dengan kendaraan lain, dan waspada dengan kendaraan di sekitar kita. Hindari pula aktivitas berkendaraan yang membahayakan, seperti menyalip mendadak, berbelok mendadak, berhenti mendadak dan lain sebagainya. Jangan sekali-kali bertelepon saat mengendarai motor, apalagi SMS, buka facebook dan lainnya. Ingat mata anda tidak bisa dibagi, saat anda menatap handpone maka anda tidak bisa menatap jalan.

7. Hindari Berkendaraan Saat Cuaca Buruk
Kondisi jalan yang licin mengurangi kemampuan anda untuk mengendalikan kendaraan dan sangat besar potensinya untuk melakukan kesalahan. Hujan tidak hanya memotong visibilitas Anda, tetapi mengurangi cengkeraman ban Anda di jalan, yang dapat membuat motor mudah tergelincir. Jika terpaksa harus mengendarai motor saat cuaca buruk, hindari bermanuver secara mendadak.

8. Perhatikan Bahaya-bahaya Di Jalan
Sepeda Motor sangat rawan terhadap bahaya di jalan, misalnya jalanan licin, jalanan yang berpasir, jalanan yang terkena tumpahan minyak, trotoar yang tidak jelas dan lain sebagainya. Selalu perhatikan kondisi Jalan disekitar anda saat mengendarai motor untuk menghindari kecelakaan.

Kecelakaan dalam mengendarai motor selain disebabkan faktor eksternal juga disebabkan faktor internal. Namun lebih banyak kecelakaan disebabkan oleh kelalaian pengendara motor sendiri. Karena itu agar aman dalam mengendarai motor, sebaiknya resiko internal harus diminimalkan. Semoga bermanfaat.