Kiat Merawat Rem Sepeda Motor

REM SEPEDA MOTOR — Komponen penting dalam sistem sepeda motor adalah Rem. Meski tanpa rem, sepeda motor bisa melaju dengan kencang, namun bayangkan bagaimana jika anda harus berhenti mendadak karena di depan ada sepeda motor lain atau benda lain yang menghalang. Inilah pentingnya fungsi rem bagi sepeda motor. Rem sepeda motor adalah piranti penting dalam keselamatan. Untuk keselamatan berkendaraan fungsi rem haruslah diperhatikan dengan seksama, perawatan secara teratur akan meningkatkan performa rem.

Dalam merawat rem sepeda motor penting diperhatikan jenis rem yang dipakai pada sepeda motor anda. Dalam sistem rem sepeda motor, saat ini umumnya dikenal dengan menggunakan rem cakram dan rem tromol/drum. Kedua jenis Rem tersebut pada dasarnya berfungsi sama yaitu memperlambat laju kendaraan dengan mengubah tenaga gerak menjadi tenaga panas.

a. Rem Cakram

Rem Cakram saat ini sudah banyak diimplementasikan pada sepeda motor. Kebanyakan rem cakram diimplementasikan untuk roda depan sepeda motor sedangkan rem belakang masih menggunakan rem tromol. Namun untuk beberapa sepeda motor memakai rem cakram untuk roda depan dan belakang.

Tips Merawat Rem Cakram

Dalam merawat rem cakram sepeda motor anda, ada dua hal penting yang perlu diperhatikan yaitu Minyak Rem Pada Reservoir dan Kondisi Bantalan Rem/ Brake Pad.

1. Pemeriksaan Minyak Rem

  • Pastikan minyak rem selalu berada di atas batas minimal yang direkomendasikan. Minyak rem tidak boleh sampai habis. Tambahkan jika habis atau berkurang.
  • Jangan biarkan setetes minyak rem pada cat atau panel bodi sepeda motor karena dapat merusak komponen ini .

2. Pemeriksaan Brake Pad
Brake Pad merupakan bagian penting yang sering mengalami keausan karena bergesekan dengan cakram. Jika sampai terlambat mengganti Brake Pad yang telash aus, piringan akan ikut tergerus dan menjadi aus juga. Biaya penggantian piringan cakram ini jauh lebih besar dibandingkan Brake Pad. Gantilah brake pad pada saat ketebalannya kurang dari 3 mm. Selain itu gunakan brake pad standard yang telah teruji kualitasnya. Jangan menggunakan yang KW.

b. Rem Tromol

Pada sepeda motor yang menggunakan Rem tromol, komponen utamanya adalah tromol atau drum yang di tekan oleh kanvas. Pada saat pengendara menginjak pedal rem, kampas rem menekan tromol dan menimbulkan gesekan antara kampas rem dan tromol, gesekan inilah yang menyebabkan kendaraan melambat atau berhenti.

Tips Merawat Rem Tromol
Untuk merawat Rem tromol sepeda motor hal penting yang diperhatikan adalah ketebalan kampas rem. Karena kekuatan dan daya cengkram rem ada pada komponen ini. Tidak hanya karena aus atau tipis, daya cengkram kampas rem tromol juga akan berkurang jika permukaan kampas dan tromol kotor.
Tips perawatan rem tromol sepeda motor adalah sebagai berikut:

  • Lepaskan roda belakang dan ambil sepatu rem dengan hati-hati.
  • Periksa keausan pada liners sepatu rem secara menyeluruh .
  • Rem tromol cenderung menumpuk debu dan kotoran di atas sepatu rem yang juga dapat mengurangi kinerja pengereman secara keseluruhan .
  • Jika ada terlalu banyak kotoran dan kotoran di dalam, telah dibersihkan dan sesuai dengan sepatu rem kembali ke hub dan memeriksa apakah kinerja ditingkatkan .
  • Jika liners rem usang , kemudian mintalah mereka diganti dengan merek baru sepatu rem . Gunakan hanya komponen asli kualitas pertama yang direkomendasikan oleh produsen.

Selamat Mencoba.

Leave a Reply