Kenali Penyebab Getaran Pada Mobil Tua

MOBIL TUA BERGETAR — Meski getaran mesin pada mobil tua adalah hal yang sudah pasti ada, namun bukan berarti tidak bisa diminimalkan. Kendaraan yang berusia tua pada bagian-bagian mesin dan lain sebagainya sudah mengalami aus. Komponen yang aus inilah yang menjadikan mobil bergetar dan mengeluarkan bunyi yang cukup mengganggu. Tidak hanya bunyi tetapi juga bisa memicu aus pada bagian yang lain. Pada dasarnya suara mesin kasar disebabkan oleh dua hal yang pertama adalah suara kasar pada daerah mesin dan bunyi kasar karena bearing yang sudah aus.

Bunyinya kasar pada daerah mesin, biasanya seperti ada ketukan antara dua benda keras, dan gesekan. Bunyi seperti itu biasanya ada bagian yang sudah aus, seperti as untuk lengan penekan klep (rocker arm shaft) sehingga penyetelan klep tidak sempurna, sehingga klep cerderung terlalu renggang.

Untuk melakukan pengetesnya dengan cara, pedal gas ditekan, rpm akan naik, dan ketika RPM makin tinggi bunyi mesin kasar samakin keras seiring rpm yang lebih tinggi. Bila telapak kaki kita tempatkan pada lantai mobil, maka sangat terasa peningkatan frekuaensi maupun kerasnya ketukan pada telapak kaki.

Khusus gejala mobil bergetar ketika mau lepas kopling, ini biasanya disebabkan oleh sistim kopling yang sudah tidak normal. Kopling yang normal, ketika kita menginjak pedal kopling mestinya plat kopling bebas dari ditekan cluth cover (blindes) terhadap fly wheel (roda gendeng). Kalau bergetar ketika pedal kopling dilepas, kemungkinan pertama adalah, plat kopling rusak. Paku kelingnya lepas, per peredam patah atau pelatnya sudah tipis. Bisa juga karena permukaan clutch cover cacat, tidak rata atau permukaan fly wheel juga sudah tidak rata.

Untuk itu, sistem kopling harus turun dan periksa satu persatu sistem kopling. Bila ditemukan kerusakaan, maka disarankan mengganti semua komponen dengan baru, termasuk release bearing dan pilot bearing. Namun sebelum melakukan semua itu, coba periksa transmisi mounting, mungkin sudah cebol. Siapa tahu dengan mengganti transmisi mounting getaran itu hilang.(#suaramerdeka).

Leave a Reply