Ini Tips Mengisi BBM Agar Kerja Mesin Optimal

TIPS ISI BBM — Mitos berkembang dikalangan pengguna motor-motor baru yang berteknologi injeksi. Ada yang bilang jika diisi dengan BBM oktan rendah seperti premium akan membuat mesin cepat rusak. Atau sebaliknya motor lama yang diberi minum BBM beroktan tinggi seperti Pertamax juga akan membuat mesin cepat panas. Lantas bagaimana yang benar? mau diisi Premium, Pertalite atau pertamax?

Nah berikut ini akan diberikan beberapa tips sederhana dalam mengisi BBM pada kendaraan anda. Pada dasarnya untuk menghasilkan performa mesin secara maksimum maka pengisian BBM harus mengikuti kompresi dari motor atau kendaraan kita . Pemilihan bahan bakar akan berpengaruh pada durabilitas mesin motor.

Kendaraan dengan kompresi tinggi memerlukan bahan bakar dengan oktan yang tinggi juga. Sedangkan kendaraan dengan kompresi rendah memerlukan bahan bakar dengan oktan yang rendah.

Semakin tinggi angka oktan, semakin besar tekanan kompresi yang dibutuhkan untuk terbakar. Campuran udara dan bensin dalam bentuk gas ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat kecil, kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi.

Untuk BBM dengan oktan yang lebih kecil dari kompresi maka campuran gas malah terbakar karena tekanan tinggi namun bukan karena percikan api dari busi. Akibatnya, piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar dan inilah yang disebut sebagai knocking atau ngelitik.

Nah sebelum mengisi BBM kendaraan anda sebaiknya cek dulu berapa nilai kompresi motor anda pada buku manual. Berikut ini beberapa nilai oktan beberapa BBM yang ada di pasaran :
Premium 88 7-9 : 1
Pertalite 90 9-10 : 1

Pertamax 92 10-11 : 1
Shell Super 92 10-11 : 1
Performance 92 92 10-11 : 1

Pertamax Plus 95 11-12 : 1
Shell V-Power 95 11-12 : 1
Performance 95 95 11-12 : 1