Ini Panduan Service Berkala Pada Mobil

PANDUAN SERVICE BERKALA PADA MOBIL — Satu hal yang pasti disertakan pada saat membeli mobil baru adalah buku panduan service dan juga service record. Pabrikan mobil biasanya ingin kualitas dan kesehatan mobil selalu terjaga dengan memberikan panduan service secara berkala. Sesuai dengan umur kendaraan dan pemakaian komponen-komponen perlu dilakukan pengecekan, perbaikan bahkan penggantian. Bagaimana dengan mobil tua yang kita beli second atau mobil bekas? Ada baiknya tetap dilakukan perbaikan dan perawatan berkala seperti petunjuk dalam buku manual.

Buku panduan service mobil pada dasarnya sudah dirancang oleh para ahli untuk menjaga mobil agar tetap dalam kondisi baik seiring dengan berjalannya waktu. Di dalam buku ini terdapat beberapa petunjuk yang penting mengenai kapan waktu yang tepat untuk melakukan servis pada mobil anda dan seberapa sering hal tersebut harus dilakukan.

Jangan sampai kita melakukan service mobil saat mobil dalam kondisi sudah rusak. Kita harus melakukan service pada saat masanya memang harus diservice untuk menghindari biaya lebih besar yang dikeluarkan. Service mobil secara rutin ini biasanya terdiri atas service ringan dan service besar.

Panduan Service Berkala Pada Mobil

Berikut ini panduan kapan saatnya mobil harus diservice. Panduan service ini hampir sama diterapkan pada semua merek mobil. Hanya saja mungkin biaya service yang berbeda, mengikuti harga part mobil yang berbeda. Selain mengikuti jarak tempuh (km) service berkala juga didasarkan pada waktu, biasanya 6 bulan sekali. Mana yang lebih dulu jarak tempuh (km) atau waktu.

1. Service mobil 1000 km Pertama

Service berkala 1000 km pertama ini boleh dikatakan service ringan, karena hampir tidak ada penggantian spare part, kecuali ada anomali pada produk atau pemakaian. Service mobil 1000 km pertama ini biasanya mekanik akan menanyakan keluhan yang dialami, kemudian dilakukan general check up. Chek meliputi (emisi gas buang, body, chassis, oli mesin, sistem pendingin mesin, minyak rem, kopling dan power steering.

2. Service mobil 10.000 km

Pada masa service 10.000 km ini mulai dilakukan penggantian spare part, penggantian meliputi Oli mesin dan filter Oli

3. Perawatan mobil 20.000 km

Pada Service mobil 20.000 km ini dilakukan penggantian oli mesin, busi, kampas rem, filter AC dan filter oli.

4. Service Mobil 30.000 km

Pada perawatan mobil di km 30.000 ini seperti service 10.000 km meliputi penggantian oli mesin dan filter oli.

5. Service mobil km 40.000 km

Service mobil pada jarak tempuh 40.000 km ini merupakan waktu untuk dilakukan service besar. Ada banyak komponen yang harus diganti antara lain: tie rod, kampas rem, bearing roda, evaporator, minyak rem, kampas rem, pembersih rem (untuk sistem intake cleaner), fan belt, filter udara, filter AC, filter oli, oli mesin.
Selanjutnya service berkala ideal per 10.000 km, seperti siklus sebelumnya.

6. Service Berkala 80.000 km Dan kelipatan 40.000 (Service besar)

Service mobil pada jarak tempuh ini bisa dikatakan service besar kedua (kelipatan 40.000 km). Pada waktu ini spare part yang diganti sama dengan service 40.000 km. Selain itu juga perlu penggantian oli transmisi,pengecekan atau penggantian kampas kopling jika diperlukan. Biasanya kampas kopling sudah waktunya mengganti pada 80.000 km.

Service berkala tersebut bisa juga berubah waktunya jika pemakaian kendaraan juga berbeda dari lazimnya. Misalnya saja medan yang dilewati adalah gunung, naik turun secara terjal. Atau pemakaian pada daerah yang sering terkena macet. Misalnya saja jarak tempuh hanya 10 km, tetapi karena jalanan macet waktu nyala kendaraan 3 jam dan itu berlangsung terus menerus. Dalam kondisi demikian service kendaraan harus lebih sering.