Ini Cara Mencuci Helm

CARA MENCUCI HELM — Helm merupakan salah satu kelengkapan yang penting dalam menunggang motor. Meski bukan bagian dari motor namun helm sangat dibutuhkan. Hal yang sering dialami adalah bau helm yang apek dan tidak enak. Maklum saja bagian ini jarang sekali dicuci atau dibersihkan. Umumnya orang cukup tersiksa dengan bau helm ini namun hanya pasrah saja karena tidak tahu cara mencuci helm. Jika mau telaten sebenarnya helm bisa dicuci dengan mudah sehingga tetap terjaga kebersihan, dan bau tetap harum.

Helm berbau apek bisa disebabkan oleh keringat dari kepala, atau diparkir di tempat terbuka sehingga terkena hujan dan kemasukan berbagai macam kotoran. Kondisi basah, kotor, lembab, dan beraroma tidak sedap bisa menimbulkan perasaan tidak enak setiap kali bersentuhan dengan kulit, pastinya sangat mengganggu perjalanan.

Untuk mencuci helm ini yang perlu dipersiapkan adalah sikat gigi, cotton bud, kain bersih, busa, dan produk pembersih. Untuk membersihkan helm selain dengan peralatan tersebut digunakan air hangat dan cairan pembersih.

Berikut Langkah-langkah mencuci helm:

1. Hampir sebagian besar bagian helm akan dilucuti, bila yakin sulit memasang kembali, foto pakai ponsel di bagian luar dan dalam untuk acuan pemasangan.

2. Bongkar seluruh bagian pada helm secara perlahan. Beberapa pabrikan biasanya sudah menyertakan cara melepas komponen di buku manual. Jika pertama kali melakukan, sebaiknya hati-hati, lepaskan hanya bagian yang mudah. Kemudian letakkan dengan rapi semua bagian agar lebih mudah saat pemasangan.

3. Biasanya, bantalan pipi bisa dilepas. Setelah itu, siram cangkang helm dengan air hangat, lalu cuci dengan bantuan sedikit sampo bayi. Gosok perlahan, lalu bilas, ulangi beberapa kali sampai semua kotoran rontok. Kerjakan hal yang sama pada bantalan pipi.

4. Keringkan helm di tempat yang sejuk. Jika ingin selesai lebih cepat, disarankan menggunakan kipas angin, jangan pengering rambut.

5. Usap kaca depan dengan kombinasi kain bersih dengan permukaan lembut (mikrofiber), air hangat, dan sedikit sabun. Utamakan memakai jari untuk membuang kotoran agar meminimalisasi kemungkinan lecet. Biarkan kering tanpa alat bantuan.

6. Untuk membersihkan permukaan bagian luar, Jika sudah kering, cukup pakai air, jangan gunakan cairan kimia sebab bisa mengikis lapisan kilap. Gunakan cotton bud dan sikat gigi untuk membersihkan area yang sulit terjangkau. Ulangi semua langkah beberapa kali hingga benar-benar bersih.

7. Rakit kembali helm dengan benar. Jika kurang yakin, gunakan foto sebagai acuan. Tidak perlu terburu-buru, pastikan semuanya terpasang dengan baik.

Nah itulah beberapa cara mencuci helm yang bisa dilakukan sendiri. Jika mau telaten, manfaatkan waktu senggang anda untuk membersihkan helm, sehingga helm tetap bersih, wangi dan tidak berbau apek. Perjalanan andapun akan nyaman.(#kompas).