Ini Beberapa Penyebab Motor Mogok

PENYEBAB MOTOR MOGOK — Tentunya para biker pernah mengalami yang namanya mesin motor tiba-tiba mogok saat dikendarai. Atau pada pagi hari motor menjadi susah di stater baik menggunakan stater elektrik atau kick starter. Apalagi motor yang dipakai sudah cukup lanjut usia, maka penyakit mogok pada motor kemungkinan akan semakin sering dihadapi. Namun jangan panik jika mendapati motor anda mogok secara tiba-tiba. Jika ada bengkel di dekat lokasi mogok, mungkin tidak terlalu masalah namun jika motor mogok pada lokasi yang jauh dari bengkel anda harus bersiap-siap menjadi montir dadakan atau mendorong motor ke bengkel.

Penyebab Motor Mogok

Meski tidak harus ahli-ahli banget, mengetahui berbagai kemungkinan penyebab motor mogojk rasanya penting untuk diketahui. Ya itu tadi untuk berjaga-jaga dalam kondisi darurat mengatasi motor mogok. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang membuat motor mogok.

1. Bahan Bakar
Nah ini rasanya paling mudah dideteksi, jika motor anda mogok dan tangki bensin kosong melompong itu sudah jelas penyebabnya. Tinggal dorong ke Pom bensin Mini alias penjual bensin eceran atau Pom bensin beneran selesai masalah. Ada baiknya anda meneliti kondisi tangki bensin sebelum pergi dan perkirakan jumlah BBM cukup untuk perjalanan anda, isi dulu jika kira-kira tidak cukup.

2. Busi Motor
Pengapian pada motor sangat dipengaruhi oleh busi ini. Busi bisa mengakibatkan motor mogok jika ia terkena kotoran atau memang sudah aus . Busi kotor bisa mengakibatkan motor mogok, cara penanggulangannya adalah dengan dibersihkan. Busi kotor ini biasanya disebabkan kualitas BBM yang jelek, pembakaran tidak sempurna atau karena motor jarang diservis. Lakukan servis secara rutin dan berkala untuk menghindari busi kotor. Pada saat servis biasanya bengkel akan melakukan cek dan membersihkan busi, serta mengganti jika sudah mulai aus.

Jika ingin membersihkan sendiri, lepas busi dengan kunci busi atau kunci ring yang sesuai. Bersihkan dengan sikat kawat dan bensin secukupnya. Amplas bagian permukaan busi hingga bersih dari kerak dan kotoran. Setelah bersih bisa dipasangkan kembali.

Mengatasi Motor Mogok

Mengatasi Motor Mogok

3. Koil Motor
Salah satu komponen penting dalam pengapian motor adalaj koil . Koil motor berfungsi untuk menaikkan tegangan dari aki yang biasanya 12 Volt DC. Dengan Koil ini tegangan listrik dinaikkan, sehingga pembakaran di ruang bakar mesin lebih sempurna. Apabila koil motor bermasalah biasanya mesin tersendat atau sulit sekali dihidupkan. Gejala ini biasanya mirip dengan gejala masalah pada busi. Perbedaannya saat Koil bermasalah tidak menimbulkan suara ledakan di knalpot.

Cara mengecek koil motor ini masih bagus atau tidak, mirip seperti pengecekan pada busi, yaitu tempelkan kabel koil ke badan mesin lantas starter mesin. Bila terdapat percikan api jangan buru-buru menyimpulkan koil masih bagus. Masih harus dicek ulang dengan memasang busi, bila ternyata tidak ada percikan api berarti koil bermasalah hingga tidak berfungsi optimal.

4. CDI Atau Platina Pada Motor Tua
Gejala Capasitor Discharge Ignition (CDI) yang rusak, mirip dengan busi atau koil yang bermasalah. Mesin motor tiba-tiba tersendat dan mati. Gejala lainnya adalah saat dinyalakan mesin cepat hidup, tapi kemudian kembali mati. Hal itu disebabkan CDI yang berperan dalam mengatur timing pengapian dari proses pembakaran bahan bakar dan udara di ruang bakar mesin tidak lagi berfingsi baik.
Bila motor yang telah mengalami ubahan yaitu peningkatan kompresi mesin maka wajib mengganti CDI atau peling tidak menggeser kurva pengapian dengan menggeser pulser jika menggunakan CDI standar.

Pada motor jadul atau tua biasanya belum menggunakan CDI ini dan masih menggunakan Platina. Posisi platina bisa bergeser yang memerlukan setting akagr berada pada posisi yang pas. Namun ada kalanya platina sudah aus sehingga perlu diganti dengan yang baru.

4. Karburator Pada Mesin Motor Karbu
Untuk motor-motor injeksi , komponen ini sudah tidak ditemui lagi. Namun pada motor-motor jadul karburator bisa kemasukan air atau kotoran yang membuat motor mogok atau tersendat-sendat. Buka dan bersihkan karburator secara periodik, jangan sampai bahan bakar bercampur dengan air. Biasanya saat melewati genangan air yang cukup dalam karburator akan kemasukan air, atau pada saat hujan deras.

Nah mengatasi motor mogok bisa diantisipasi semenjak dini. Sebenarnya dengan service motor secara rutin dan periodik akan meminimalkan resiko motor mogok saat di perjalanan. Namun jika terpaksa harus mogok di perjalanan, anda bisa melakukan tindakan darurat seperti di atas.