Efek Mengganti Velg Ukuran Lebih besar

EFEK MENGGANTI VELG DENGAN UKURAN LEBIH BESAR — Mengganti velg mobil dengan ukuran bukan standard menjadi lebih besar biasa dilakukan untuk menambah keren penampilan. Namun tidak jarang penggantian velg dengan ukuran besar ini justru menimbulkan masalah. Mengganti velg mobil akan menimbulkan masalah jika ukurannya terlampau besar. Sehingga dalam mengganti velg mobil,selain masalah penampilan yang kece juga perlu dipertimbangkan masalah kerja dan fungsinya.

Salah satu resiko mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar adalah menjadikan boros bahan bakar. Terlebih lagi jika kendaraan diakai untuk perjalanan jauh. Besarnya ukuran pelek akan berdampak pada pemakaian ban dengan tapak lebih lebar yang membuat gaya gesek juga makin lebar. Dengan demikian kinerja mesin mobil juga makin besar, sehingga konsumsi bahan bakar makin boros.

Selain itu dalam mengganti velg mobil dengan ukuran lebih besar, biasanya akan menggunakan ban dengan aspect ratio lebih tipis. Dampaknya akan membuat bantingan ban terasa keras. Semakin tipis aspek rasio, maka ruang tekanan angin semakin pendek, mobil akan terasa keras saat melewati jalan tidak rata.

Lantas bagaimana jika kita ingin mengganti velg standard dengan velg yang lebih besar biar lebih modis? Kita bisa mengganti velg standard dengan catatan mengganti ukuran pelek dari standar maksimal tak lebih dari dua tingkat. Jika lebih dari itu maka akan menambah beban dari kinerja mesin dan konsumsi bahan bakar boros.