Eco Driving, Tips Hemat BBM Saat Menyetir

TIPS HEMAT BBM SAAT MENYETIR ECO DRIVING — Keiritan konsumsi BBM mobil ternyata tidak hanya menjadi monopoli mobil dalam kategori LCGC saja. Nissan Grand Livina sebagai mobil penumpang 7 seat ternyata bisa menyaingi keiritan mobil LCGC. Hal ini terbukti dari Media Test Drive yang diadakan oleh Nissan Motor Indonesia (NMI) Selasa (21/5/2013) lalu. Dengan menggunakan All New Grand Livina, menempuh jalan umum Bandung -Jakarta, komsumsi BBM All New Grand Livina tembus 30,3 Km/Liter.

Event uji irit BBM Grand Livina ini dikemas dalam ajang yang diberi tajuk ‘Tantangan 7 Liter Livina’ ini merupakan ajang penngujian fitur Eco Drive yang disematkan pada Nissan New Grand Livina. Fitur Eco Drive ini memang menjadi andalan Grand Livina untuk meningkatkan efisiensi BBM.

Selain fitur yang ada pada mobil Grand Livina tentunya gaya menyetir juga ikut berpengaruh dalam efisiensi BBM. Menurut Sugihandi, trainer di Nissan College PT Nissan Motor Indonesia,cara menyetir yang efisien dengan metode Eco Drive bisa menghemat konsumsi bahan bakar hingga 20 persen jika dibanding dengan tanpa Eco Drive.

Karena itu dalam memanfaatkan fitur eco drive ini perlu ada pembiasaan dari pengemudi dari New Grand Livina ini. Sebelumnya para awak media diberikan workshop eco-driving di Nissan Media Workshop. Yang pada intinya dalam mengemudi agar hemat BBM adalah sabar dan tidak agresif.

Beberapa Tips Hemat BBM Dalam Mengemudi

Sugihandi memberikan penjelasan agar dalam mengemudi New Grand Livina bisa dioptimalkan komsumsi BBM, harus dilakukan beberapa persiapan. Beberapa tips untuk menghemat BBM adalah sebagai berikut :
1. Bahan Bakar
Bahan bakar yang dipakai harus sesuai dengan kadar oktan yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil. Misalnya, jika yang disarankan adalah bahan bakar dengan oktan 98. Sebaiknya gunakan bahan bakar sesuai rekomendasi, jangan bahan bakar dengan oktan di bawahnya.
2. Tekanan Ban
Tekanan ban harus sesuai dengan rekomendasi pabrikan. “Saat ban tekanan anginnya kurang, diameter ban akan mengecil. Saat mobil melaju, ban akan cenderung menyeret, akibatnya konsumsi bahan bakar lebih boros,” papar Sugihendi. Sementara, tekanan ban yang terlalu tinggi juga tidak baik karena tak sesuai dengan drive train-nya.
3. Hindari Muatan Berlebihan
Menghindari mobil membawa muatan berlebih akan menunjang irit BBM. Membawa muatan berlebih membuat konsumsi bahan bakar lebih boros.
4. Perawatan Mobil Secara Berkala
5. Injak Gas secara pelan-pelan.
Pada kendaraan tipe transmisi manual, segera lakukan perpindahan gigi saat melakukan perubahan kecepatan.
6. Jaga Kecepatan Kendaraan Selalu konstan
7. Hindari mobil dalam kondisi idle.
8. Stelan AC yang sesuai
Saat berkendara, hendaknya nyalakan AC dengan temperatur sedang. Jika terlalu dingin akan memaksa kompresor bekerja lebih keras dan itu akan membebani kinerja mesin yang membuat konsumsi bahan bakar lebih boros.
9. Tutup kaca jendela saat berkendaraan dengan kecepatan tinggi
10. Jangan mengemudi secara agresif

Nah itu adalah beberapa tips menghemat BBM saat berkendaraan. Selain memerlukan kendaraan dengan fitur hemat BBM, kebiasaan dan perilaku mengemudi menjadi kunci kendaraan hemat BBM.