Cara Merawat Kaca Mobil Agar Kinclong

CARA MERAWAT KACA MOBIL AGAR KINCLONG — Tidak hanya bagian cat bodi saja yang perlu perawatan agar kinclong, namun kaca mobil juga memerlukan perawatan agar kinclong. Utamanya kaca mobil bagian depan, yang memiliki fungsi lebih besar dalam meningkatkan visibilitas driver. Pada dasarnya kaca mobil yang tidak dirawat akan menjadi cepat kusam dan mengganggu penglihatan. Apalagi jika berkendara di malam hari, sorot lampu dari kendaraan arah lawan akan menjadi seolah pecah dan menggangu penglihatan.

Kerusakan pada kaca depan mobil tidak hanya karena pecah atau berlubang, namun Kaca yang kusam atau tergores mengganggu kenyamanan dan memiliki risiko tinggi dalam keamanan berkendara. Selain itu kendaraan dengan kaca kusam akan mengurangi haga jualnya.
Sebenarnya tidak sulit bagi kita untuk merawat kaca mobil agar tetap kinclong. Hanya kita perlu ketelatenan dalam melakukannya, Merawat kaca mobil agar tetap kinclong memerlukan kesabaran dan ketelatenana. Biaya merawat kaca mobil agar tetap kinclong juga tidak mahal.

Berikut ini adalah cara mudah merawat kaca mobil agar tetap kinclong yang bisa anda lakukan sendiri :

1. Rajin membersihkan kaca.
Rajin membersihkan kaca mobil adalah langkah penting dalam cara merawat kaca mobil agar kinclong yang paling penting. Sebelum debu menempel dan lengket bahkan meninggalkan noda segera bersihkan agar kaca mobil anda tetap kinclong. Cara membersihkan debu pada kaca mobil adalah dengan menggunakan komeceng yang berbahan lembut. Jika kotoran tersebut berupa kotoran basah baik tanah atau lainnya, siramlah terlebih dahulu dengan air bersih.
Setelah itu bersihkan dengan lap kering bersih dari bahan lembut. Jika terguyur air hujan, cucilah kaca dengan air bersih dan shampor khusus kaca mobil. Setelah itu lap dengan kain yang berbahan lembut atau kanebo.

2. Selalu Memeriksa Kondisi wiper mobil
Wiper mobil sebaiknya sering dilakukan pemeriksaan secara rutin. Kita tahu bahwa wiper ini merupakan komponen mobil yang berguna membersihkan air hujan yang ada pada kaca saat hujan. Karena usia dan pemakaian karet wiper ini akan mengalami kerusakan. Jika karet wiper telah aus, sebaiknya segera menggantinya, dan pastikan karet tersebut memiliki elastisitas dan kelembutan yang tinggi. Karet yang mengeras karena aus berpotensi membuat kaca baret. Karena itu memeriksa karet wiper adalah cara kedua dalammerawat kaca mobil agar kinclong.

Selain itu untukmencaga kaca mobil dari goresan , jangan sekali-kali mengoperasikan wiper di saat kaca kering. Nyalakan wiper pada saat hujan sudah deras dan kaca tekah basah oleh air hujan. Jika baru turun hujan sebaiknya menunggu guyuran air hujan benar-benar telah membasahi kaca, baru mengoperasikan wiper

Agar lebih aman, isilah tarngki air wiper dengan campuran air bersih dan cairan khusus pembersih kaca atau wiper fluid. Soalnya, cairan itu akan sangat membantu melumasi kaca sekaligus membersihkannya.

3. Hati-hati menggunakan konsentrat pembersih kaca
Biasanya orang menggunakan konsentrat pembersih kaca untuk bagian dalam. Namun jika tak bersih, atau zat tersebut masih menempel di kaca, maka kaca akan buram, lapisan keramik kaca mengelupas karena rekasi kimia yang muncul akibat zat tersebut.Sebaiknya menggunakan zat pembersih dengan PH normal yakni 7. Hal itu untuk mencegah keasaman yang tinggi yang menyebabkan reaksi kimia, sehingga kaca menjadi buram.

Merawat kaca mobil agar tetap kinclong bukan perkara rumit, hanya memerlukan ketelatenan dan ketekunan melakukannya, Namun dibandingkan dengan biaya jika kaca mobil sudah buram dan tergores, tentu masih lebih mudah merawat kaca mobil semenjak awal.