Cara Membuat Irit Motor

MEMBUAT IRIT MOTOR — Harga bahan bakar yang terus melambung tentu membuat para biker harus ekstra kreatif mensiasatinya. Salah satunya adalah membuat irit motor tunggangnya. Banyak cara dilakukan untuk membuat irit sepeda motornya namun terkadang ada biker yang melakukannya dengan cara “nekat”. Dengan berbagai modifikasi bukannya irit BBM malah membuat mesin menjadi rusak karena kesalahan yang tidak disadari. Secara teknis produsen motor sudah mengukur kebutuhan suplai BBM dan kinerja mesin secara seimbang, sehingga perngubahan mesin harus juga mempertimbangkan banyak aspek.

Produsen motor seperti Honda sendiri sudah dikenal dengan motor Raja irit telah membuat desain mesin motor yang sangat irit bahan bakar. Namun demikian biker masih kurang puas dan melakukan upaya membuat irit bahan bakar. Jika anda masih berkeinginan membuat irit BBM motor anda, ada baiknya anda ketahui beberapa cara yang biasa dilakukan untuk membuat irit BBM.

1. Menambahkan Aditif Penghemat BBM

Bahan Aditif ini biasanya berupa cairan yang dengan takaran tertentu dapat menghemat konsumsi BBM pada motor. Meskipun, cairan aditif dapat menambah unsur kimia dalam bahan bakar sehingga kualitas penmbakaran akan semakin bagus. Namun, yang perlu diperhatikan pada penggunaan aditif adalah pada takaran penggunaannya. Karena bila takaran terlalu tinggi maka memungkinkan malah terjadi pembakaran tidak sempurna, sehingga dapat menyebabkan tidak irit dan juga mencemari lingkungan.

Yang perlu diperhatikan adalah ketika penambahan aditif untuk menghemat BBM menggunakan aditif padat. Karena bila aditif padat tersebut tidak terurai dengan baik maka akan menyebabkan kebuntuan pada saluran BBM.

2. Menambahkan Filter Khusus Menghemat BBM

Filter khusus ini biasanya berisi magnet atau unsur kimia, sehingga meningkatkan kualitas bahan bakar dan pada akhirnya akan menyempurnakan pembakaran. Filter ini bila digunakan akan menggugurkan garansi sepeda motor karena ada penggantian filter standar menjadi tidak standar.

3. Menggunakan Komponen Tambahan

Komponen tambahan biasanya berupa magnet atau alat khusus . Penggunaan hal ini cukup baik selama tidak merubah struktur standar mesin, atau tidak melakukan modifikasi terhadap struktur mesin itu sendiri. Jadi komponen hanya ditempel atau digantung tanpa merubah struktur mesin.

Usaha membuat irit bahan bakar motor adalah hak dari pemilik motor namun perlu bijaksana dan hati-hati. Pertimbangkan model apa yang anda pilih untuk menghemat bahan bakar.(#mpm-motor).