Yamaha All New R15 Mengusung Mesin SOHC

YAMAHA ALL NEW R15 — Seakan menambah daya gebrak di persaingan motor sport 150 cc, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan Yamaha All New R15. Tidak tanggung-tanggung Yamaha mendatangkan pembalab Yamaha di MotoGP Maverick Vinales dan Valentino Rossi di peluncuran Yamaha All New R15. Vinales sendiri menjadi brand ambassador dari Yamaha All New R15.

Yamaha All New R15 sendiri merupakan penyegaran dari Yamaha R15 terdahulu, sebagai senjata Yamaha untuk melawan pesaingnya Honda CBR 150R dan Suzuki GSX-R 150. Dari segi performa mesin, Yamaha All New R15 menggunakan mesin baru berkapasitas 4 langkah berpendingin cair, SOHC, silinder tunggal, berkapasitas 155,1 cc. Mesin Yamaha All New R15 ini sanggup menghasilkan tenaga maksimum sebesar 14,2 kW pada 1.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 14,7 Nm pada 8.500 rpm.

Mesin Single Over Head Camshaft (SOHC) ini lalu dikombinasikan dengan teknologi terkini Yamaha, Variable Valve Actuation atau VVA. Teknologi ini juga disematkan Yamaha pada Aerox 155VVA.

Fitur baru yang dilekatkan pada Yamaha All New R15 adalah Assist and Slipper Clutch.Fitur baru Yamaha All New R15 ini biasanya hanya ada pada motor besar. Dan untuk pertama kalinya diaplikasikan di motor sport kelas 150 cc. Fitur Assist membuat pengoperasian kopling lebih ringan. Sedangkan fitur Slipper Clutch membuat perpindahan gigi lebih halus dan akselerasi lebih cepat.

Sementara dari segi suspensi, Yamaha All New R15 ini menggunakan suspensi up-side down yang dipadukan dengan new rear arm dan ban tapak lebar (100/80-17 depan dan 140/70-17 belakang). Tapak ban lebar ini membuat handling lebih nyaman. Untuk memaksimalkan pengereman, rem depan menggunakan disc brake lebar berdiameter 282 milimeter.

Untuk masalah tampilan dari Yamaha All New R15 ini menggunakan desain yang mengadopsi R-Series dengan unsur super sport. Paling mencolok perubahan bagian depan dan belakang yang tak menyisakan tampang model lama. Lampu LED, makin sipit. Belakang mirip R6 dengan lubang pada buritan.

Tampilan speedometer full digital dilengkapi shift timing light, memberi tanda kepada pengendara untuk berpindah percepatan, dan bisa diatur sesuai keinginan pengendara. Konsumen juga bisa memasukkan identitas nama dengan enam digit, pada tampilan LCD speedometer. Beberapa fungsi lain membuat Multi Information Display semakin informatif.

 

Dari segi kenyamanan tunggangan Yamaha All New R15 ini mendapat apresiasi dari Vinales , menurutnya Yamaha All New R15 ini enak dituggangi karena beberapa pembaharuan yang dilakukan. Menaiki Yamaha All New R15 seperti menunggangi motor Supersport.

Untuk penjualan dari Yamaha All New R15 ini baru akan dilakukan pada semester I tahun 2017 ini.