The Rossi Leg Wave

GAYA BALAPAN ROSSI — Jika anda pernah melihat cara balapan Valentino Rossi, maka anda akan melihat gaya seperti pada gambar disamping. Gaya seorang rookie menurunkan kaki pada saat belokan ini dijuluki sebagai The Rossi Leg Wave, atau The Rossi hanging-foot. Gaya itu memang dicetuskan pertama kali oleh Valentino Rossi. Gaya yang seakan-akan seperti orang kehilangan keseimbangan ini tiba-tiba saja populer di kalangan rookie MotoGP. Hampir semua pembalap MotoGP telah menggunakan cara ini. Siapapun bertanya-tanya, apa maksud gaya ini? Dan konon hingga hari ini masih misterius apa maksud gaya itu dilakukan Rossi jika tidak ada keuntungannya. Bukankah mengangkat kaki dari footstep motor dan setengah hampir menyeret ke permukaan jalan membutuhkan konsentrasi berbeda, tenaga, dan resiko berbeda? Nyamanpun tidak.Dalam suatu kesempatan wawancara Rossi pernah menjelaskan kepada sang penanya: “Naturally“. Artinya dia melakukannya secara alamiah, reflek. Lho?? Dengan kecepatan seperti itu, masih mau menurunkan kaki di atas permukaan aspal?? Gila apa? Tapi kok semua pembalap melakukannya?

Berbagai spekulasi tebakan antara lain menyebutkan:

  1. Memberikan pengimbangan pada posisi short – cornering , sehingga lebih seimbang dengan kecepatan lebih tinggi. Ini masuk akal. Namun dalam sebuah sessi pembuktian yang dilakukan dengan penelitian (gila, seperti ini sampai diteliti), tidak ada bedanya antara menggunakan hanging-foot dengan tidak. (Pasti yang membuktikan bukan Rossi :D)
  2. Sekedar Making Rossi Trend. Membuat diri sendiri populer dengan gaya itu. Ciri Rossi. Tapi kok seluruh rookie melakukannya??
  3. Mengurangi ruang untuk musuh dalam melakukan overtaking terhadapnya. Masuk akal sekali. Meski hanya berapa centimeter pengurangan ruangnya.
  4. Menghindari musuh belakang melakukan penetrasi dengan kesan seakan-akan Rossi dalam keadaan tak seimbang yang akan beresiko terhadap belakangnya juga. Masuk akal juga.
  5. Ritual Rossi? Ketahuan yang lain dong mantranya.

rossi_

Menggunakan gaya tersebut, memerlukan keseimbangan yang sangat tinggi juga, disertai latihan dan pembiasaan diri sebagai reflek. Maka, para rookie yang melakukannya tidak mungkin melakukannya tanpa alasan. Terutama ketika menggunakan gaya tersebut pertama kali akan beresiko jatuh. Tapi tetap terdapat satu manfaat keuntungan berbalap ketika menggunakan gaya tersebut. Lantas apa maksud gaya itu sesungguhnya? Hanya Rossi yang tahu, dan rookie yang telah mencobanya. Dia The Doctor. Banyak cara yang kita sebagai orang awam tidak paham. Diteliti secara fisikapun hanya akan menghasilkan logika jawaban yang kalah dengan kenyataan empiris di sirkuit. Hampir sama percumanya dengan segala macam penelitian tentang ketepatan tendangan jenius Beckham.

Seluruh lima poin alasan tersebut memang bisa saja terbukti salah satunya. Kita sekedar menonton dan suatu ketika bisa jadi terlihat bukti bahwa The Rossi Leg Wave tersebut benar dan perlu dilakukan. Tapi, pesan saja selama bukan seorang rookie jangan lakukan ini di jalan raya.

 

 

bms

One Response to The Rossi Leg Wave

  1. […] Nah lalu faktor apa saja yang menarik para pembalap menggunakan gaya “The Rossi Leg Wave dan the Rossi hanging-foot”..? Selengkapnya baca pada kutipan jurnal¬†motorjogja berikut ini… […]

Leave a Reply