Suzuki Ertiga Diesel Hadir Di Indonesia

SUZUKI ERTIGA DIESEL — Persaingan pasar mobil kelas Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) kian ketat di tanah air. Menghadapi persaingan yang makin ketat tersebut Suzuki Ertiga berencana meluncurkan Suzuki Ertiga Diesel dengan varian LDi, VDi dan ZD. Berbeda dengan Suzuki Ertiga bermesin bensin yang mengusung seri Ertiga GA, GL dan GX. Rencananya Suzuki Ertiga Diesel ini akan mulai mengaspal di Indonesia awal tahun 2017 mendatang.

Sebenarnya Suzuki Ertiga Diesel ini sudah lebih dulu mengaspal di India. Di Indonesia sendiri Ertiga Diesel sudah dilakukan uji coba semenjak tahun 2014. Kendala dari pengujian Suzuki Ertiga Diesel tersebut adalah pada masalah kualitas solar yang belum bagus waktu itu. Kini Setelah Pertamina akan meluncurkan varian Solar baru, Dexlite dengan cetane number 51 atau di atas solar subsidi (48) dan di bawah Pertamina Dex (53), maka Ertiga Diesel siap untuk diluncurkan.

Jika menengok Suzuki Ertiga yang sudah meluncur di India, Suzuki Ertiga Diesel ini dibekali teknologi DDiS yang sudah terkenal, mesin diesel 1.3 liter tersebut bisa memproduksi tenaga mencapai 90 dk. Tenaga yang dihasilkan cukup mumpuni dan efisiensi bahan bakarnya juga irit.

Berbeda dengan Ertiga Bensin, tenaga yang dihasilkan Ertiga Diesel jauh lebih rendah dari versi mesin bensin KB14B DOHC 4-silinder 1.400cc, namun usungan torsinya jauh melebihi versi bensin, yakni mencapai 200 Nm. Cocok untuk lalu lintas stop and go.

Untuk Harga Ertiga Diesel ini memang belum ada harga resmi dari pihak Suzuki. Namun menilik dari Ertiga Diesel yang sudah ada di India, Suzuki Ertiga GL Diesel akan dibanderol dengan harga mulai dari 196 juta Rupiah hingga 204 juta Rupiah. Untuk varian GX mungkin bisa mencapai 212 juta hingga 220 Juta Rupiah. Karena varian Bensin Suzuki Ertiga GL dan GX di Indonesia memiliki harga masing-masing sebesar 171 juta dan 183.

Pada Suzuki Ertiga Diesel memiliki kemiripan mesin dengan Chevrolet Spin Diesel . Keduanya menggunakan basis mesin 1.300 cc yang dikembangkan oleh Fiat dengan nama uniJet Turbo Diesel. Nah tunggu saja kehadiran Suzuki Ertiga Diesel mengaspal di tanah air.