Standard Euro3 Yamaha Jupiter Z1

STANDARD EURO3 Yamaha JUPITER Z1 — Motor terbaru Yamaha Jupiter Z1 telah mengaplikasikan standard Euro3 untuk memenuhi regulasi soal standard emisi gas buang. Standard Euro3 merupakan standard yang dikeluarkan Worldwide Motorcycle Emission Test Cycle (WMTC) karena ini berlaku worldwide, tidak hanya di Eropa seperti regulasi ECE R40. Kehadiran motor baru Yamaha Jupiter Z1 ini bisa dikatakan sebagai motor pembaharuan bagi yamaha. Tentunya ada banyak hal baru dan inovasi yang telah disematkan kedalam Yamaha Jupiter Z1 ini.

Keunggulan dari Yamaha Jupiter Z1 yang telah mengaplikasikan standar Euro3 WMTC dibandingkan ECE R40 yaitu adanya aturan untuk mereduksi noise khususnya pada muffler (knalpot) dan mesin motor.
Di dalam rangka mengaplikasikan Euro3 pada Yamaha Jupiter Z1 ini telah ditambahkan dengan dua perangkat baru yaitu ECU dan knalpot catalic conveter dengan O2 sensor sehingga membuat motor makin ramah lingkungan. Ada perubahan panjang katalis, sebelumnya 30 mm menjadi 60mm sehingga matrix volume katalis naik dari 25,7 cm3 menjadi 51,4 cm3.

Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing memberikan keterangan bahwa untuk memenuhi standard Euro3 ini kontribusi dari katalis di knalpot cukup besar. Dengan standar Euro 3, saringan knalpot lebih baik sehingga gas buangannya juga lebih ramah lingkungan.

Penerapan Standard Euro3 pada Yamaha Jupiter Z1 Ini merupakan komitmen Yamaha turut menjaga lingkungan bersama dan menunjukkan sebagai pabrikan yang peduli dan bertanggungjawab kepada masyarakat luas. Tidak hanya Jupiter Z1, motor-motor baru Yamaha yang akan dikeluarkan tahun ini akan menggunakan Euro3 yang merupakan standar global dan internasional.

Fitur-Fitur Yamaha Jupiter Z1

Selain aplikasi Standard Euro3 pada Motor Yamaha Jupiter Z1 ini, ada beberapa fitur tambahan menarik yang ditawarkan. Berikut ini fitur-fiturnya :

  • Fuel Injection, motor ini telah menggunakan teknologi injeksi terbaru yamaha yang tidak hanya membuat performa motor ini menjadi tinggi saja, namun juga membuat motor ini irit bahan bakar (BBM).
  • Diamond Shaped Speedometer, motor ini memiliki desain spedometer yang keren nan modern.
  • Forged piston, membuat motor ini berforma tinggi dan membuatnya semakin cepat.
  • Sporty – Striped Casting Wheel, memiliki pelg warna yang membuat motor ini kian sporty.
  • Arrow Shaped Tail Light, bagian belakang motor ini didesain dengan gaya yang lancip ( mirip hiu ) yang membuat motor ini terkesan futuristik dan aerodinamis.
  • Double Head Lamp, dibekali lampu ganda yang keren dan menghasilkan cahaya yang terang. Lampu ini akan secara otomatis menyala ketika mesin motor ini dihidupkan.
  • Arodynamic Air – Flow System, desain fairing yang sengaja dimiripkan dengan motoGp, ini bisa membuat aliran pada mesin menjadi sempurna, alhasil mesin tidak akan terlalu panas saat dalam kecepatan yang tinggi.

Itulah bebera fitur yang ada pada Yamaha Jupiter Z1 seain aplikasi standard Euro3.