Rossi Is Back

VALENTINO ROSSI MOTOGP QATAR — Valentino Rossi, dalam usianya yang sudah tidak lagi muda dalam dunia MotoGP Racing, ternyata masih menunjukkan kedahsyatan berkendaranya. Setelah puasa podium selama menggunakan Ducati, kini dengan klub lamanya “Yamaha” berhasil mengambil hati para pemujanya. Dalam sessi musim pertama balapan MotoGP yang diadakan di Qatar Senin, 8 April 2013 dini hari WIB, Rossi tidak menjadi juara. Tapi dia berhasil menyita perhatian yang lebih besar ketimbang juara Sirkuit Losail yang juga rekan satu timnya, yuniornya, yang tak lain adalah Jorge Lorenzo.Start di nomer 7, Rossi dengan gayanya yang khas, menyalip pembalap-pembalap hebat di depannya, satu persatu. Ketika dia telah mencapai posisi ke empat, Rossi terlalu melebar ketika membuat sebuah cornering. Satu-persatu pembalap mulai melakukan take over terhadapnya. Seperti biasa, hal itu bukan masalah bagi Rossi. Satu persatu dia lewati, dan akhirnya dia mengincar fight yang sedang terjadi antara Marquez dan Dani Pedrosa, sesama pembalap Repsol Honda, yang saat itu ada di urutan 2 dan 3. Lorenzo sendiri telah meninggalkan mereka sekitar 4 detik.

Setelah menyikat Pedrosa, Rossi mulai melakukan kebiasaan lamanya, menempel pada musuh di depannya yang tak lain adalah pembalap muda ex-juara Moto2, Marquez. Ditempel dengan sabar seperti itu membuat Marquez gugup dan akhirnya dalam satu belokan The Doctor melakukan kudeta posisi dua. Balapan ini menjadi makin seru ketika ternyata Marquez sangat gigih menempur Rossi. Menjelang dua lap terakhir, Marquez yang ganti merebut posisi dua hingga hampir dua lap. Marquez 2, Rossi 3Bukan Rossi jika tidak dapat menguasai keadaan sampai lap terakhir sekalipun. Pengalaman membuatnya amat tenang melewati Marquez di tekukan terakhir menjelang lap terakhir. Merasa tinggal mempertahankan diri, Rossi pun mulai rajin menggunakan gaya yang dirintisnya hang-foot , yaitu menggantungkan kaki posisi menutupi celah dalam ketika cornering.
motogp-rossi
Gaya yang dia buat ini akhirnya digunakan semua pembalap karena akan sangat efektif menghindari musuh melakukan overtaking. Beruntung, garis finish tidak jauh dari tikungan terakhir, dengan demikian Rossi dapat mengambil posisi nomer dua di akhir balapan. Yamaha dikenal sebagai motor dengan kestabilan stang yang bagus sehingga bagus dalam cornering, namun kurang bagus dalam arena race track lurus. Posisi podium MotoGP Qatar akhirnya dimiliki oleh :

  1. Lorenzo (Yamaha)
  2. Rossi (Yamaha)
  3. Marquez (Honda)

Marquez sendiri mengaku sangat puas dapat mencapai podium di posisi tiga. Dia mengatakan : “Dia (Rossi) bertarung sangat bagus sekali. Pengalaman dan ketenangannya luar biasa”. Marquez mengaku amat bangga dapat bersanding dengan pembalap idolanya masa kecil, bahkan menempurinya dalam awal musim balapan GP tahun ini.

Klasemen sementara tiga besar adalah:

  1. Lorenzo : 25
  2. Rossi : 20
  3. Marquez : 15

 

bms

One Response to Rossi Is Back

  1. […] Ikhwal kembali bahagianya Rossi di Qatar,┬áRossi is coming back Rossi bahagia di Qatar, silakan simak juga kutipan dari┬ámotor jogja berikut ini… […]

Leave a Reply