Persiapan Balapan MotoGP Jerez Spanyol

MOTOGP JEREZ SPANYOL — Tanggal 5 Mei mendatang banyak dinantikan oleh para pecinta MotoGP, hal ini tidak lepas dari berbagai kejutan yang telah terjadi pada balapan seri lalu di Sirkuit COTA, Austin dimana Marc Marquez berhasil membuat kejutan menjadi juara termuda MotoGP. Menjelang ajangan race hari minggu besok, ada banyak persiapan dan strategi yang telah dilakukan oleh semua tim. Honda dan Yamaha tentu akan semakin sengit bersaing mengingat lima posisi teratas sekarang ini ditempati oleh dua tim tersebut.

Tim Ducatinampaknya kurang mendapat keberuntungan dalam dua seri balapan lalu di Qatar dan Austin, bahkan boleh dibilang suram. Para pembalap Ducati yaitu Andrea Dovizioso dan Nicky Hayden juga punya pengalaman yang tidak terlalu manis di sirkuit Jerez ini. Musim lalu saat masih bergabung dengan Monster Yamaha Tech 3,Dovizioso hanya mampu finish dalam lima besar. Sedangkan Hayden yang kala itu memperkuat Ducati lebih apes lagi karena hanya bisa finish di urutan ke delapan. Namun demikian bagi Hayden maupun Dovizioso mereka hanya mengharapkan bisa tampil lebih baik di sirkuit Jerez, meski semua itu bukanlah hal mudah.

Bagi Pedroza tuntutan untuk menjadikan tim Honda menjadi Juara bukanlah sebuah tekanan yang membebaninya. Pengalamannya mengikuti balapan dalam kelas utama selama delapan dekade menjadikannya kaya akan pengalaman dan kesiapan mental yang bagus untuk juara. Ditambah lagi dengan kejutan yang dibuat Marquez menjadikan bayangan indah itu semakin nyata dan menambah keyakinannya. Sementara Marquez sendiri tetap mentargetkan naik podium saat finish dari sirkuit Jerez.

Meski sempat cedera akibat kecelakaan saat kualifikasi Grand Prix Amerika, Karel Abraham, pembalap CARDION AB akan berusaha untuk kembali ke MotoGP ™ di akhir pekan ini Gran Premio bwin de España di Jerez. Meski kondisinya belum pulih dari cedera akibat kecelakaan tersebut, namun ia tetap ingin kembali secepatnya untuk mengikuti balapan di Jerez. Hanya saja ia harus menghindari tabrakan dan mendarat dengan bahunya yang cedera.

Meski dua balapan lalu di Qatar dan Amerika membuat pembalap AVINTIA BLUSENS (FTR-KAWASAKI), Hector Barbera frustasi, namun seperti halnya pembalap Spanyol lainnya ia memiliki motivasi ekstra untuk memenangkan race.Tampil di rumah sendiri , dihadapan teman dan fans membuat Barbera merasa lebih kuat dan percaya diri untuk bersaing dengan pembalap lain.

Kesempatan untuk tampil di Gran Premio bwin de España tidak bisa dilakukan oleh Ben Spies asal Amerika ini. Cedera bahu yang berkelanjutan membuat pembalap berusia 28 tahun ini harus kembali ke rumah di Texas untuk melakukan pemulihan. Cedera ini sebenarnya ia dapatkan pada Gran Prix tahun lalu di Malaysia saat memperkuat Yamaha Factory Racing . Akibat cedera ini dipastikan tidak ada pengganti untuk Spies pada balapan di Jerez.Dengan absennya Spies membuat Andrea Iannone harus berjuang sendirian untuk Ducati.

Sementara bagi Valentino Rossi, sesi balapan di Jerez ini adalah sangat penting dan cukup menentukan. Berada pada urutan keempat setelah dua balapan terdahulu di Qatar dan Austin membuat Rossi harus kerja keras untuk menang race. Baginya Jerez adalah tempat favorit, menurutnya trek Jerez adalah trek yang cocok untuk Yamaha .

Urutan Sementara hasil Balapan MotoGP, setelah dua sesi race adalah sebagai berikut:
1. Marc MARQUEZ (Honda) 41
2. Jorge LORENZO (Yamaha) 41
3. Dani PEDROSA (Honda) 33
4. Valentino ROSSI (Yamaha) 30
5. Cal CRUTCHLOW (Yamaha) 24
6. Alvaro BAUTISTA (Honda) 18
7. Andrea DOVIZIOSO (Ducati) 18
8. Nicky HAYDEN (Ducati ) 15
9. Andrea IANNONE (Ducati) 13
10. Stefan BRADL (Honda) 11

Setiap tim memiliki kesiapan dan harapan untuk menjadi pemenang dalam balapan besok. Namun hasilnya tentu belum tahu sebelum balapan dimulai. (#motogp).

Leave a Reply