Mobil Listrik Dipamerkan di IIMS 2016

MOBIL LISTRIK — Kreativitas anak muda Indonesia di bidang otomotif patut mendapatkan apresiasi. Setidaknya itu yang bisa kita berikan dengan melihat karya mereka membuat mobil listrik yang dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 di JIexpo Jakarta pada 7-17 April 2016. Pada pameran otomotif tersebut ada beberapa Mobil Listrik karya Mahasiswa Indonesia yang dipamerkan.

Yang menarik adalah kehadiran Mobil Listrik “Kaliurang Unisi Generasi 2“, yang merupakan mobil listrik Android karya Mahasiswa Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. Mobil listrik ini merupakan kombinasi teknologi elektrik dengan perangkat android. Perangkat android berupa tablet digunakan sebagai pengontrol mobil berikut asesorisnya.

Selain mobil listrik android UII tersebut, dipajang juga mobil Listrik Arjuna karya mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada. Mobil Listrik Arjuna dari UGM ini sebelumnya telah meraih 7 trofi di 7 ajang kompetisi berbeda.

Dari Bandung, Universitas Pasundan turut memeriahkan pameran dengan memboyong mobil listrik yang diberi nama Kujang 193. Mobil listrik ini telah telah menyabet 10 penghargaan. Semenjak pembuatan pertamanya di tahun 2012, mobil listrik Kujang telah melahirkan tiga generasi.

Masih dari Kota Bandung ,beberapa produk mobil listrik seperti Tarusbawa karya mahasiswa ITENAS tampil unik dengan menggunakan roda sepeda agar lebih ringan dan lebih mudah bermanuver. Ada juga mobil listrik Elcar dari Politeknik Negeri Bandung (Polban) yang ikut pada ajang IIMS 2016.Sementara itu Politeknik Negeri Jakarta mengusung Blue Warrior pada pameran tersebut.

Mengomentari mobil karya mahasiswa Indonesia tersebut, Menteri Perindustrian Republik Indonesia Saleh Husin menyatakan apa yang dilakukan para mahasiswa ini merupakan terobosan di bidang industri otomotif dalam negeri untuk bisa bersaing dengan dunia luar.

Kreativitas mahasiswa Indonesia dalam mengembangkan mobil listrik ini perlu mendapat dukungan, mengingat karya mereka sangat mendukung tren otomotif masa depan yang hemat energi dan ramah lingkungan.