Kawasaki Ninja RR Mono Pengganti Varian Ninja 150RR

KAWASAKI NINJA RR MONO — Pecinta motor sport di tanah air kembali disuguhi produk anyar motor sport dari PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) yaitu Kawasaki Ninja RR Mono. Seakan tidak mau kalah dengan produsen lain seperti Honda dan Yamaha, Kawasaki Ninja RR Mono akan dilaunching bulan maret mendatang. Konon Kawasaki Ninja RR Mono ini merupakan pengganti dari varian 2 tak ninja 150RR yang mulai akan diskontinu Juli 2014 nanti. Meski akan dilaunching maret nanti, namun untuk saat ini harga Kawasaki Ninja RR Mono ini belum bisa dipastikan, namun kisaran harganya di 40 jutaan.

Selain harga yang belum pasti, untuk saat ini Kawasaki Ninja RR Mono juga belum bisa diinden oleh para pecinta motor sport tanah air. Untuk spesifikasi Kawasaki Ninja RR Mono ini menggunakan mesin 250 cc satu silinder ini dan memiliki desain yang begitu sporty. Dari segi ergonomis , posisi riding Ninja RR Mono seperti saat menunggangi motor gede, posisi riding motor ini tidak terlalu merunduk dan cocok untuk dipakai harian.

Berbagai Kelebihan Kawasaki Ninja RR Mono

Kehadiran Kawasaki Ninja RR Mono ini menjadi pelengkap dari produksi terdahulu dengan varian Kawasaki Ninja. Beberapa kelebihan Kawasaki Ninja RR mono ini adalah sebagai berikut:
1. Ringan
Meski menggunakan full fairing, Ninja RR Mono diklaim memiliki bobot yang ringan hasil dari pencapaian pengurangan berat sehingga serupa dengan pembuatan motor balapan, serta mendapat suntikan dari DNA Ninja juara Superbike.

2. Performa balap
Motor ini didesain khusus untuk pengendara berorientasi sport. Bobot yang ringan berkontribusi pada akselerasi cepat dan pengendalian yang gesit untuk performa menikung yang baik.

Agar lebih sporty, Ninja RR Mono juga telah dilengkapi dengan setang Clip-On bergaya balap. Alhasil ideal untuk street riding yang sporty tanpa membuatnya terlalu agresif.

Selain itu, desain tangki bangan bakar kini menjadi langsing berlekuk, serta jok bertingkat. Pada bagian lampu depan terlihat agresif dengan desain lampu depan bohlam tunggal dan multi reflectros yang terang sehingga memperjelas pandangan pada malam hari.

3. Rangka Trellis
Rangka ini original terbuat dari pipa utama high tensile-steel untuk menjamin keseimbangan optimum. Berkontribusi pada bobot ringan, pengendalian gesit, dan juga paket ringkas secara keseluruhan.

4. Velg ringan
Setiap komponnen Ninja RR Mono dibuat untuk meminimalkan bobot dan membantu mencapai berat seringan 151 kg. Ban yang ramping berkontribusi untuk pengendalian yang ringan dan sporty.

5. Manajemen Panas
Radiator ringkas menyajikan pendinginan efisien untuk mesin performa tinggi. Ketika tterjebak macet, teknologi inovatif cover radiator mengalirkan udara panas ke bawah dan menjauh dari pengendara.

Spesifikasi Ninja RR Mono

Meskipun sama-sama varian dari Ninja, namun ada beberapa perbedaan spesifikasi Kawasaki Ninja RR Mono ini. Berikut spesifikasinya:

Tipe mesin : 4-Tak, Tunggal berpendingin udara
Kapasitas mesin : 249 cc
Diameter x Langkah : 72,0 x 61,2 mm
Perbandingan kompresi : 11,3 : 1
Sistem katup : DOHC, 4 katup
Suplai bahan bakar : Fuel Injection (38 mm x 1)
Pengapian: Digital
Starter : Elektrik
Transmisi : 6-percepatan, return
Tenaga maksimum : 20,6 kW (28 Ps)/ 9.700 rpm
Torsi maksimum : 22,6 Nm (2,3 kgf-m)/8.200 rpm

Tipe rangka : Tube diamond, steel with high-tensile steel main tubes
Rake/trail : 24 derajat/ 90 mm
Suspensi depan : 37 mm garpu teleskopik
Suspensi belakang : Bottom-Link Uni-Trak with 5-way adjustable preload
Ban depan belakang : 110/80-17M/C 52S, 130/70-17M/C 62S

Rem depan : Single 290 mm petal disc with dual-piston caliper
Rem belakang : Single 220 mm petal disc with dual-piston caliper
PxLxT : 1,935 x 685 x 1,075 mm
Jarak sumbu roda : 1,330 mm
Tinggi jok : 780 mm
Tangki : 11 liter
Berat : 151 kg/ 152 kg

Sumber:
http://otomotif.news.viva.co.id/news/read/481639-spesifikasi-ninja-rr-mono