Kasak-Kusuk Yamaha Siapkan Pesaing Honda Verza

MOTOR SPORT YAMAHA — Amunisi Honda yang membombardir pada persaingan motor sport nampaknya tidak bisa membuat Yamaha tinggal diam. Seakan tidak mau dominasi Yamaha dengan V-Ixion tergusur oleh Honda, diam-diam Yamaha mempersiapkan Motor sport baru di tahun 2014 ini. Meski masih kasak-kusuk dan belum ada rilis resmi dari Yamaha, namun sinyalemen hadirnya motor sport yamaha baru nampaknya ada benarnya. Dyonisius Beti, Executive Vice President Yamaha Indonesia, meengisyaratkan bahwa Yamaha tengah menyiapkan motor sport anyar sebagai entry level. Ada juga sport full fairing yang sudah diketahui bersama, Yamaha R15 dan R25.

Untuk Yamaha R15 sendiri dibekali dengan dapur pacu 150cc, varian roda dua ini sangat dinanti – nantikan kedatanganya oleh pencinta motor gede di Indonesia. Hal tersebut nampaknya bukan sekedar isapan jempol karena Yamaha R15 diklaim sudah tersedia di showroom tanah air. Konon harganya dibandrol di kisaran Rp 35 juta, sedangkan di India dibandrol dengan harga 1.20.319 Rupee atau setara dengan Rp 21 Juta.

Dalam persaingan motor sport, saat ini Honda sendiri cukup bisa bermain pada pasar ini. Sebut saja beberapa produk Honda di segmen sport yang memang disiapkan untuk merengkuh kelas motor laki ini. Mulai dari CBR250R sebagai yang tertinggi, CBR150R, Tiger, CB150R, MegaPro dan Verza sebagai sport termurah.

“Jika berbicara persaingan di kelas bawah dan ingin masuk ke kelas yang lebih bawah, kami sedang berpikir untuk harga yang sekelas, dengan mengembangkan motor yang cocok sebagai entry level. Sekarang itu sedang kita pikirkan,” papar Dyonisius Beti di acara Motor Yamaha Injeksi di DDS Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Lebih lanjut Dyon mengatakan, motor yang akan dipertimbangkan untuk mengisi kelas bawah ini belum tentu akan berada di bawah Yamaha Byson. Namun yang pasti, harganya harus bisa masuk ke level tersebut.

“Belum tentu di bawah Byson, tapi untuk penggemar teknologi mungkin kedepannya mesin 150 dengan teknologi FI. Namun harga yang tetap harus mendasar, dan sekarang sedang dikembangkan, poinnya seperti itu,” tambahnya.

Selain mengembangkan produk baru untuk motor sport entry level, Yamaha Indonesia juga memiliki berencana merancangnya di dalam negeri atau produksi lokal. YIMM tidak mengambil produk dari Thailand ataupun India.

Kabar jelas kehadiran motor sport baru dari Yamaha di tahun 2014 ini memang belum jelas benar. Namun justru ini menjadikan semakin penasaran para pecinta motor sport di tanah air. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya. (#okezone)