Honda New MegaPro FI Ramaikan Motor Injeksi 2014

NEW MEGAPRO FI — Produsen motor Honda melalui PT Astra Honda Motor kembali meluncurkan motor injeksi terbaru di awal tahun 2014 ini. Menyusul peluncuran New Revo FI di awal bulan Januari, di penghujung akhir Januari 2014 Honda New MegaPro FI menyusul siap mengaspal di jalanan Indonesia. Sebagai kelanjutan dari keluaran lawas Honda MegaPro, New MegaPro masih mempertahankan beberapa fitur di MegaPro Lawas. Namun tentu saja ada perubahan mendasar pada bagian pengabutan bahan bakar yang sudah menerapkan sistem injeksi.

Kehadiran New Megapro ini FI merupakan Varian injeksi ke 12 yang dikeluarkan oleh Astra Honda Motor. Selain perubahan mendasar pada sistem injeksi, dari aspek tampilan shroud (bahu) dan penutup aki (side cover) dibuat dengan desain yang lebih tajam dan atraktif. Konsep mass forward gravity mengubah garis-garis agresif dengan karakter tangguh sekaligus gagah.

Perubahan lain yang ada pada New MegaPro FI ini ada pada bagian FootPeg Rider dan FootPeg Pembonceng yang sudah terpisah. Pada Honda New MegaPro FI ini sudah ditambahkan satu pegangan footpeg belakang di subFrame . Bentuk dop mesin samping juga berubah, lebih menyerupai desain dop mesin Tiger Revo.

Pada bagian kepala silinder juga mengalami perubahan, karena pada Honda New Megapro FI ada tambahan sensor injeksi. Di luar sistem injeksinya, lainnya sama persis, Common part juga sama dengan New MegaPro karburator.

Menurut Presiden Direktur AHM, pada Honda New MegaPro Fi ini selain menerapkan teknologi yang lebih baik, juga tetap mempertahankan karakter MegaPro yang macho dan tangguh untuk kenyamanan touring. Dengan teknologi PGM-FI , New Megapro FI diklaim lebih responsif dan semakin ramah lingkungan. Konsumsi bahan bakar mencapai 46,2 kpl (hasil tes internal dengan metode ECE-R40). Hasil ini lebih irit 10 persen dibanding Honda MegaPro model lama.

Untuk saat ini Honda New MegaPro FI ini sudah bisa dibawa pulang dengan kocek Rp 20,45 juta on-the road Jakarta, dengan pilihan warna putih, hitam, merah, dan biru tua.

new-megapro-fi

Pilihan Warna Honda New Megapro FI

Spesifikasi Teknis New Honda MegaPro FI

Dimensi Honda New MegaPro FI
P x L x T (mm) : 2.052 x 742 x 1.079
Jarak sumbu roda (mm) : 1.316
Ground clearance (mm) : 156
Tinggi jok (mm) : 774
Berat kosong (kg) : 135
Radius putar minimum (mm) : 1.900
Kapasitas tangki BBM : 12,3 liter

Mesin
Tipe : 4-Tak, SOHC 1 silinder
Sistem pendinginan : Pendingin udara
Sistem suplai BBM : Injeksi/PGM-FI
Kapasitas silinder : 149,5 cc
Diameter x langkah : 57,3 x 57,84 mm
Rasio kompresi : 9,5 : 1
Daya maksimum : 9,8 kW (12,07 dk)/8.500 rpm
Torsi maksimum : 12,3 Nm/6.500 rpm
Tipe starter : Kick & elektrik
Tipe kopling : Manual, basah
Jumlah transmisi : 5-Kecepatan
Pola pengoperasian gigi : 1-N-2-3-4-5

Rangka
Tipe : Pola berlian
Ukuran ban depan : 80/100-17 M/C 46P
Ukuran ban belakang : 100/90-17 M/C 55P
Rem depan : Cakram hidrolik dengan piston ganda
Rem belakang : Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Monosok, adjustable

Leave a Reply