Honda BR-V Dominasi Low SUV 2016

HONDA BRV LOW SUV — Dibanding kompetitornya yang lahir lebih dulu Honda BR-V bisa dibilang pendatang baru di pasar mobil Low Sport Utility Vehicle (LSUV). Namun kedatangannya ternyata mendapatkan apresiasi luar biasa dari para otomania di tanah air. Terbukti Honda BR-V mampu mencatatkan penjualan tertinggi dalam pasar Low SUV di tahun 2016. Diikuti saudaranya Honda HR-V 1.5L , Honda mampu mengungguli para pesaingnya pada level mobil Low SUV.

Data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari – November 2016, Honda BR-V terjual 35.810 unit. Pada posisi kedua ditempati saudaranya Honda BR-V yakni Honda HR-V 1.5L, yang mengumpulkan 36.281 unit, atau naik 22,08 persen dibanding 2015. Dua jagoan Honda ini konsisten menguasai pasar LSUV sejak awal 2016. Angka tersebut nyaris mencapai target yang dipatok Honda Indonesia, yakni 39.000 unit sepanjang tahun.

honda-br-v

Tampilan Honda BR-V

Angka penjualan Honda BR-V tersebut cukup fantastis bagi mobil bagi pendatang baru. Honda BR-V menjadi mobil yang fenomenal di jajaran line-up mobil Honda. BR-V tidak hanya unggul di segmen low SUV, tetapi juga menjadi salah satu model terlaris di semua model Honda

Sementara itu kompetitornya yang lebih dulu muncul, Toyota Rush yang dipasarkan PT Toyota Astra Motor (TAM) mencatat penjualan sebanyak 22.832 unit menempati urutan ketiga penjualan mobil Low SUV. Meskipun Toyota sudah meluncurkan dua varian baru TRD Sportivo 7 dan TRD Sportivo Ultimo di Februari 2016 untuk mendongkrak penjuaannya, namun keberuntungan belum berpihak kepada Toyota.

Pada urutan keempat penjualan mobil Low SUV ditempati kembaran Toyota Rush yaitu Daihatsu Terios yang terjual sebanyak 13.436 unit. Persaingan Honda dan Toyota di pasar Low SUV ini nampaknya cukup ketat.

Posisi kelima penjualan mobil Low SUV ditempati Suzuki dengan mobil SUV nya yaitu Suzuki Suzuki SX4 S-Cross, yang berhasil mencapai 1.769 unit. Posisi ini ditempati SUzuki setelah menggusur Chevrolet Trax. Posisi selanjutnya dalam penjualan Low SUV ini ada beberapa mobil yang tercatat yaituNissan Juke yang hanya mampu sampai di 305 unit, anjlok 64,12 persen dari 2015, lalu Ford Ecosport 92 unit, turun 96,61 persen.