Balapan MotoGP:Catatan Rekor Marquez

REKOR MARQUEZ — Event Balapan Moto GP di Sirkuit Jerez, Spanyol menyimpan banyak pertanyaan, utamanya mengenai pembalap Repsol Honda Marc Marquez . Seperti diketahui Marquez menorehkan rekor sebagai juara termuda pada balapan di Austin yang lalu. Akankah dominasi Marquez ini akan berlanjut pada balapan di Jerez? Pada balapan MotoGP di Austin yang lalu catatan waktu Marquez adalah 43 menit 42 detik. Victory tersebut dibukukan ketika Marquez berusia 20 tahun 63 hari. Marquez memecahkan rekor yang sudah bertahan sejak 1982 silam.

Rekor yang telah dibuat Marquez itu tidak hanya mengejutkan banyak pihak, namun juga apresiasi sang legenda MotoGP, Valentino Rossi yang langsung mengucapkan selamat kepada Marquez. Bagi Marquez sendiri kemenangan ini semakin membuatnya lebih percaya diri . Kemenangan di Austin juga membuat Marquez nangkring di urutan pertama dengan 41 poin.

Bakat Marquez sebenarnya sudah banyak disorot sejak beberapa tahun terakhir. Pada balapan musim lalu, Marquez yang merupakan jawaran Moto2 dan melakukan debutnya di MotoGP. Di awal debutnya Marquez langsung finish di urutan ketiga di seri pembuka di Losail, Qatar. Dan Pada bapalan di Austin langsung menanjak pada urutan pertama.

Prestasi Bapalan Marc Marquez

Menjelang balapan di Jerez, Spanyol beragam rekor akan ditorehkan Marquez jika ia berhasil mempertahankan atau lebih meningkatkan performanya lagi. Beberapa rekor dan prestasi yang sudah diraih Marquez sampai saat ini adalah:

  • Marquez menjadi pebalap pertama yang memenangi balapan pertama atau kedua mereka di kelas premier dalam kurun waktu 15 tahun, sejak Max Biaggi menjuarai kelas 500 cc dalam debutnya di Suzuka tahun 1998.
  • Menjadi pebalap pertama sejak Jorge Lorenzo pada tahun 2008 yang finish di podium dalam dua seri pertama di kelas premier.
  • Menjadi pebalap termuda yang back-to-back finis di podium kelas premier, memecahkan rekor Randy Mamola, yang finis di podium di Spanyol dan kemudian Perancis pada tahun 1980, ketika berusia 20 tahun 197 hari.
  • Marquez saat ini bergabung dengan Jorge Lorenzo sebagai pemimpin klasemen sementara MotoGP, dan ini membawa dia sebagai pebalap termuda yang pernah memimpin kelas premier. Dia memecahkan rekor Lorenzo, yang pernah memimpin klasemen setelah menang di Estoril pada 2008 ketika berusia 20 tahun 345 hari.
  • Pada balapan pertama, Marquez membuat rekor baru sebagai pebalap termuda yang pernah membuat fastest lap dalam lomba di kelas premier ketika berusia 20 tahun 49 hari. Sebelumnya, rekor itu dipegang Freddie Spencer, yang melakukannya saat berusia 20 tahun 161 hari, ketika mencatat fastest lap kelas 500 cc di Misano, tahun 1982.

Peluang Prestasi Marc Marquez

Bapalan MotoGP di Jerez, Spanyol akan memberikan peluang bagi Marquez untuk mencatatkan rekor dan prestasi baru. Rekor tersebut antara lain:

  • Menjadi pembalap termuda yang meraih pole position back-to-back, mengambil catatan dari Dani Pedrosa yang melakukannya di Cina dan Perancis pada tahun 2006.
  • Menjadi pembalap termuda yang memenangkan perlombaan back-to-back di kelas utama, yang akan memecahkan rekor saat ini dipegang oleh Freddie Spencer yang memenangkan pasangan pembukaan Grand Prix – di Afrika Selatan dan Perancis – musim pertama gelar pemenang nya Tahun 1983.
  • Menjadi yang termuda untuk menyelesaikan di podium di tiga balapan berturut-turut; yang satu ini saat ini dimiliki oleh Jorge Lorenzo, yang pada tahun perdananya kelas utama nya berada di mimbar untuk pembukaan tiga balapan (mengambil kemenangan pertama di ketiga, di Portugal ).

Akankah Marc Marquez akan mencatatkan rekor tersebut? Hasilnya dapat disaksikan pada balapan di Jerez 5 Mei 2013.(#MotoGP).

Leave a Reply