Inilah Mobil Ramah Lingkungan

MOBIL RAMAH LINGKUNGAN — Polusi udara akibat semakin besar jumlah kendaraan bermotor tak pelak menjadi isu yang hangat di dunia otomiotif. Kehadiran mobil ramah lingkungan dan hemat energi menjadi target banyak industri otomotif untuk merebut pasar. Salah satu parameter yang dipakai untuk menilai mobil ramah lingkungan adalah masalah penggunaan bahan bakar, yang menghasilkan residu asap yang bersih dan tidak mencemari lingkungan. Intinya adalah bahan bakar yang tidak menghasilkan emisi gas berbahaya yang bisa meracuni kehidupan bumi.

Berbagai alternatif untuk membuat mobil ramah lingkungan antara lain dengan penggunaan bahan bakar yang bersumber dari non BBM, atau paling tidak meminimalkan penggunaan BBM. Industri otomotif bereksperimen menciptakan mobil ramah lingkungan dengan bahan bakar gas, listrik, atau bahan bakar dari nabati. Ada juga yang menggunakan teknologi hybrid yang  mengkombinasi BBM dengan tenaga listrik.

Meski dari berbagai produsen mobil belum memproduksi mobil yang benar-benar ramah lingkungan, namun Huffington Post pernah merilis berbagai jenis mobil yang ramah lingkungan. Pengukuran mobil ramah lingkungan tersebut didasarkan pada efisiensi dan jenis bahan bakar yang digunakan. Berikut mobil-mobil yang dianggap ramah lingkungan:

1. Nissan LEAF (2013)
Sejak debutnya pada Desember 2010, mobil dengan emisi nol ini penjualannya telah membaik. Pada 2012, penjualan LEAF naik sekitar 5 persen. Meskipun terlihat positif, pertumbuhan penjualan belum sesuai dengan harapan. Nissan juga akan membangun pabriknya di Inggris. Tahun lalu, mobil listrik ini laku 9.512 unit di Amerika
Nissan LEAF dibandrol pada kisaran harga Harga: US$ 21.300 dengan Efisiensi bahan bakar: Setara 116 mil per galon (MPG)

Nissan Leaf

Nissan Leaf

2. Tesla Model S (2013)
Walau ramah lingkungan,Tesla Model S tak ramah buat kantong. Model termurahnya dibanderol US$ 62.400. Meski mahal, Tesla Model S dinobatkan sebagai Motor Tren 2013 Car of the Year. Pada 2012, mobil ini laku 2.052 unit di Amerika.
Mobil ini dijual di pasaran dengan Harga: US $ 62.400 dan Efisiensi bahan bakar: Setara 89 MPG

3. Ford Focus Electric (2013)
Ford Focus Electric adalah mobil yang sepenuhnya digerakkan listrik. Listrik disuplai dengan baterai lithium-ion liquid-cooled dengan durasi pengisian bervariasi. Dalam review Electric 2013, situs Edmunds mencatat Ford Focus sebagai salah satu pilihan terbaik di segmen hijau yang semakin kompetitif. Tahun 2012, mobil ini laku 675 unit di Amerika.

Harga Ford Focus Electric adalah sekitar US $39.200, dengan Efisiensi bahan bakar: Setara 105 MPG.

ford-focus-electric

Ford Focus Electric, Salah Satu Mobil Ramah Lingkungan

4. Chevrolet Volt (2008)
Chevrolet Volt diperkenalkan pada 2008. Saat itu, CEO General Motors, induk dari Chevrolet menyebut mobil ini sebagai simbol komitmen untuk masa depan. Penjualan Volt 2011 hanya di bawah 7.500 unit. Namun, penjualan naik tiga kali lipat pada 2012 menjadi lebih dari 22.823 unit.

Harga: US $ 31.645, Efisiensi bahan bakar: setara 98 MPG (listrik), setara 37 MPG (gas)

5. Toyota Prius Plug-in (2013)
Prius adalah hybrid pertama yang diproduksi secara massal. Mobil ini diperkenalkan di Jepang pada 1997 dan di seluruh dunia pada 2000. Prius memiliki tiga varian, yakni Prius C, Prius V, dan Prius Plug-in. Untuk mengisi baterainya memakan waktu sekitar tiga jam dengan listrik rumahan. Baterai ini mampu melarikan mobil sejauh 11 kilometer dalam mode listrik, setara 95 MPG. Tahun lalu, mobil ini laku 12.514 unit di Amerika.

Dijual dengan Harga: US $ 32.000, Efisiensi bahan bakar: Setara 95 MPG (listrik), Setara 50 MPG (gas).

Harga mobil ramah lingkungan memang masih terhitung mahal dan masih diproduksi secara terbatas. Namun untuk jangka panjang mobil ramah lingkungan adalah mobil masa depan. (#sumber:tempo).

Leave a Reply