Inilah Hasil Uji Keamanan Beberapa Jenis Mobil

HASIL UJI KEAMANAN MOBIL — Keselamatan dan keamanan mobil kini menjadi salah satu pertimbangan penting dalam membeli mobil baru. Tentunya selain kebutuhan, penampilan dan performa mobil keselamatan dan keamanan mobil tidak bisa diabaikan lagi. Karena itu mobil-mobil terbaru selalu menawarkan fitur-fitur safety untuk menjamin keamanan dari mobil tersebut. Berbagai macam teknologi untuk menunjang keamanan mobil banyak diaplikasikan oleh para produsen mobil. Global NCAP adalah salah satu lembaga yang memiliki konsen terhadap fitur keselamatan dari mobil-mpbil keluaran terbaru. Rangkuman berikut ini adalah hasil uji keamanan dari beberapa jenis mobil yang beredar di pasar Indonesia.

Hasil pengujian keamanan terhadap 10 merek dan jenis mobil telah dilakukan Asean NCAP, dengan melakukan uji tabrak terhadap beberapa jenis mobil. Hasil uji keamanan mobil tersebut adalah sebagai berikut :
1. Toyota Avanza
Mobil Sejuta Umat’ menjadi label yang sudah lengket dengan image Toyota Avanza. Jelas saja, Indonesia merupakan satu-satunya pusat produksi Avanza terbesar di wilayah regional ASEAN.

Sudah lengkap dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS), dua airbags di area depan serta Seat Belt Reminder (SBR), Toyota Avanza sukses mencetak skor total 12.98 dalam tes Adult Occupant Protection (AOP) alias perlindungan penumpang dewasa.

Dengan skor 38 persen untuk Children Occupant Protection (COP) atau perlindungan penumpang anak-anak, Toyota Avanza model tahun 2013 mendapat rating 4-star dari total maksimum 5-star dalam hal keamanan dari hasil crash test oleh ASEAN NCAP.

2. Honda CRV
Disemati dengan berbagai perangkat keselamatan canggih seperti EPS, Hill Start Assist, Dual SRS Airbag, ABS dan EBD, Honda CR-V berhasil melampaui ketatnya crash test yang dijalankan oleh lembaga New Car Assessment Program (NCAP) wilayah ASEAN.

SUV yang telah lama menemani pecinta mobil berbodi bongsor Tanah Air itu bahkan sukses mencetak skor sempurna 5-bintang di segi perlindungan penumpang dewasa dengan nilai 15.46 dari total 16.00. CR-V juga dinyatakan lolos side impact test dengan nilai yang memuaskan.

uji-keamanan-mobil

Pengujian Keamanan Beberapa Jenis Mobil

3. Suzuki Swift
Bersaing menjadi hatchback terpopuler di Tanah Air melawan Honda Jazz dan Toyota Yaris, Suzuki Swift rupanya tak main-main dalam memastikan keamanan dan keselamatan penumpang mereka.

Terbukti varian model 2013-nya yang juga banyak tersebar di jalan-jalan padat Tanah Air ini memperoleh rating 4-star dari tes tabrak oleh ASEAN NCAP, dengan skor 13.32 untuk perlindungan penumpang dewasa dan perlindungan penumpang anak-anak 77 persen.

Tak heran, berbekal perlengkapan safety seperti safety belt dengan fungsi ELR dan pengatur ketinggian, SRS Airbag, ABS dan EBD serta child proof lock di bagian belakang pantas lah Swift memperoleh rating yang memuaskan.

4. Ford Fiesta
Berikutnya adalah giliran punggawa asal Amerika, Ford Fiesta, kebagian jatah untuk dites kelayakannya. Sesuai dengan reputasinya yang telah menyabet berbagai gelar mobil terbaik, Fiesta memperoleh skor maksimum dalam uji keselamatan oleh ASEAN NCAP, yakni 5-star.

Dilansir dari laman resmi ASEAN NCAP, Ford Fiesta yang produksi untuk wilayah ASEAN berpusat di Thailand dinilai pantas menerima skor tertinggi dengan adanya fitur-fitur seperti Seat belt reminder dan Electronic Stability Control.

Selain itu, hasil tes uji tabrak Fiesta memperoleh bintang 5 dengan perlindungan pengguna dewasa (Adult Occupant Protection/AOP) dan nilai 66 persen untuk perlindungan penumpang anak-anak (Child Occupant Protection/COP), mencapai evaluasi tertinggi 15,73 dari skor penuh 16.

5. Toyota Vios
Menemani konsumen sejak tahun 1971 Toyota Vios tak ubahnya menjadi salah satu tunggangan jenis sedan paling setia dan terpercaya bagi keluarga di Tanah Air.

Bicara soal fitur keselamatan dan keamanan Vios, model edisi tahun 2012 yang diuji oleh ASEAN NCAP lolos dengan predikat memuaskan dan pantas untuk memperoleh rating 4-bintang.

6. Mitsubishi Pajero Sport
Penggemar SUV premium mana yang tak kenal dengan jagoan dari kubu Mitsubishi yang satu ini. Dengan tubuh kekar yang menjadi andalannya ternyata di sisi keamanan Pajero Sport model 2014 menurut versi ASEAN NCAP memiliki rating yang memadai, yakni 4-star.

Jawara bermesin diesel 2.5L ini memanfaatkan fitur ABS yang ditanamkan di seluruh varian dan sistem ESC (Electronic Stability Control) yang diadakan khusus untuk grade teratas.

7. Nissan March
Berikutnya, ikon hatchback 4-pintu yang cekatan kala digeber di jalanan padat perkotaan, Nissan March yang produksinya terpusat di Thailand untuk kawasan wilayah ASEAN mendapatkan grade maksimum 4-star dari total 5-star dalam uji tabrak yang digelar oleh NCAP di MIROS Pc3 Lab beberapa waktu lalu.

Dari hasil tes tersebut pula, Nissan March 1.2 E MT 2012 yang diuji dalam hal perlindungan penumpang anak-anak telah dievaluasi dan mendapat skor maksimum 48 persen.

8.Honda Jazz
Si hatchback populer Honda Jazz versi 2014 bisa dibilang punya nama yang cukup tenar di lika-liku tunggangan berjenis city car di Tanah Air. Dengan desain dan model serta performanya yang lincah, tak heran kalau banyak muda-mudi yang tersihir oleh pesona Jazz yang stylish.

Di samping mengandalkan pesona eksterior yang rupawan, Honda turut memaksimalkan sektor keselamatan penumpang dalam raga Jazz 2014. Sudah lengkap dengan airbags, SBR, Seatbelt, ABS dan ESC Honda Jazz mendapat skor 15.58 dalam perlindungan penumpang dewasa. Di samping itu Jazz 2014 juga mencetak skor yang memuaskan daam segi COP alias Perlindungan Penumpang Anak-anak, yakni 71 persen.

Ada dua versi Honda Jazz yang telah melalui uji kelayakan oleh ASEAN NCAP, yaitu model dengan 2 airbags yang memperoleh label 4-star dan 6 airbags yang diberi nilai penuh 5-star.

9. Daihatsu Xenia
Disebut-sebut sebagai kembaran mobil sejuta umat, Toyota Avanza, Daihatsu Xeniayang juga sukses menjadi mobil andalan keluarga karena sosoknya yang bongsor dan muat banyak berdasarkan tes tabrak oleh ASEAN NCAP layak memperoleh rating 4-bintang.

Grade tersebut merupakan hasil komulatif dari skor 12.34 untuk AOP (Adult Occupant Protection) dan 33 persen untuk COP (Child Occupant Protection) yang diperoleh sang MPV dengan double airbag itu.

10. Mitsubishi Mirage
Last but not least, Mitsubishi Mirage model tahun 2014 yang juga menjadi salah satu pilihan berkendara penuh gaya di Indonesia, Malaysia, Thailand dan singapura ini turut menjalani uji tes kelayakan dan keselamatan oleh tim ASEAN NCAP.

Fitur keamanan yang ada dalam mobil mungil ini selain double airbags yang tertanam di seluruh model kecuali base variant, terpasang pula immobilizer dan sistem ABS serta EBD yang menjadikannya salah satu tunggangan dengan rating keselamatan 4-bintang.

Nah itulah beberapa hasil uji keselamatan dan keamanan terhadap beberapa jenis mobil yang ada di tanah air.(#otosia).