Gearbox SSG Andalan Yamaha Di MotoGP 2015

MOTOGP 2015 — Masing-masing tim di MotoGP tengah bersiap-siap mengumpulkan amunisi baru. Tidak ketinggalan tim Yamaha, kabarnya Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo akan menggunakan Gearbox SSG (seamless shift gearbox ) sebagai andalan di MotoGP 2015. Meski dikatakan sebagai andalan baru pada MotoGp 2015 ini, sebenarnya Gearbox SSG ini sudah digunakan Yamaha pada GP Misano bulan September 2013.

Boleh dikatakan apa yang dilakukan Yamaha ini sedikit tertinggal dari rival terberatnya yaitu Honda. Honda sendiri telah menggunakan SSG ini sejak dua musim lalu. Peranti mutakhir inilah yang kabarnya menjadi keuntungan sekaligus kunci keberhasilan Honda memenangi dua gelar juara dunia secara beruntun.

Seiring dengan perbaikan yang dilakukan tim, kedua pembalap Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo tak harus menggunakan kopling untuk mengubah gigi motor setelah memakai SSG tersebut. Perangkat ini siap digunakan Yamaha sebagai senjata ampuh menikung kecepatan motor Honda, RC213V, yang dikenal memiliki kestabilan dalam pengereman dan saat memasuki tikungan.

Bos Yamaha, Lin Jarvis, menambahkan SSG sudah dijajal di Sepang. Hasil ini langsung tampak lewat performa Rossi yang menguasai tes hari pertama dan Lorenzo yang konsisten di tempat kedua dalam tes hari berikutnya. Peranti ini akan kembali dipakai di tes terakhir di Qatar mulai Jumat-Minggu (13-15/3).