Ducati Makin Garang Di Ajang Balap MotoGP

BALAP MOTOGP –– Hasil positif di ajang Balap MotoGP 2015 ini nampaknya tengah diraih oleh Tim Ducati. Dalam dua seri awal Balap MotoGP di Qatar dan Austin AS, Ducati mencatatkan hasil yang bagus dibandingkan musim sebelumnya. Di ajang Balap MotoGP 2015 ini Ducati memang mengusung mesin baru Ducati Desmosedici GP15 . Nampaknya dengan mesin baru ini membuat Ducati makin garang tampil di track balap. Hasil positif ini diraih oleh dua pembalapnya Andrea Dovizioso dan Iannone . Bahkan Dovi mampu menahan Rossi di lap-lap akhir untuk merebut podium kedua.

Perubahan teknis yang ada pada GP15 ternyata ampuh meghapus kelemahan yang selama ini dirasakan tim asal Italia itu sebelum dikomandani Gigi Dall’Igna.Dulu, tim ini seolah kehilangan kelincahan saat memasuki tikungan. Padahal, tenaganya superior, tampak pada trek lurus yang sebagian besar dimenangkan para pebalap Ducati. Namun saat berduel di tikungan, Ducati menyerah.

Kuncinya adalah pemakaian sasis yang lebih pendek. Dibanding GP14, GP15 jauh lebih mudah dikendalikan. Racikan tersebut merupakan jawaban yang selama ini dicari para mekanik dan insinyur Ducati, untuk mengimbangi tenaga mesin yang dashyat.

Meski menorehkan hasil yang cukup gemilang pada Balapan MotoGP 2015 ini, namun nampaknya Ducati masih terkendala dengan Bahan Bakar yang cukup boros pada motor Desmosedici GP15 . Ini terlihat saat Dovizioso dengan GP15-nya harus menepi beberapa saat setelah finish karena kehabisan bensin. Nyaris pebalap Italia itu kehilangan tempat kedua secara konyol. Berbeda dengan Honda dan Yamaha yang bisa finish dengan bahan bakar 20 liter, sementara Ducati membawa 22 liter dan masih kurang.