Dengan Desmosedici GP15, Ducati Siap Tempur di MotoGP 2015

DUCATI DESMOSEDICI GP15 — Ducati nampaknya sudah berancang-ancang untuk mempersiapkan diri mematok target juara di ajang MotoGP 2015. Meski dominasi para pembalab Honda dan Yamaha begitu kuat di ajang Balap MotoGp ini, namun dengan tunggangan baru Ducati Desmosedici GP15 , Ducati siap mematahkan legenda tersebut. Selama ini memang Ducati harus bersabar untuk mengakhiri puasa gelar juara di ajang Balap MotoGP, dan itu menjadi target balap MotoGp 2015.

Seperti dicatat dalam sejarahnya, pembalap Ducati yang terakhir naik podium teratas adalah Casey Stoner di MotoGP Australia tahun 2010. Sang Pembalap Ducati Andrea Iannonepun sudah bertekad akan bekerja keras dengan tim Ducati untuk mewujudkan target menang di musim MotoGP 2015. Pada balapan MotoGP Musim lalu, Ducati hanya mendapat tiga podium. Dovizioso dua kali naik podium, sementara Cal Crutchlow (kini memperkuat LCR Honda ) satu kali.

Dengan Desmosedici GP15 juga diharapkan bisa membuat Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone lebih kompetitif dalam menghadapi persaingan dengan para rider Honda dan Yamaha.

Andrea Iannone, Pembalap Ducati yang kini berusia 25 tahun ini memulai karier balap motor di kelas 125 cc. Lima musim berada di kelas capung itu, naik ke Moto2. Tiga tahun di kelas menengah, selalu menempati posisi 3 klasemen akhir. Kemudian pindah ke MotoGP di tim Pramac pada 2013.

General Manager Ducati, Luigi Dall’Igna menyatakan “Target kami tahun ini sangat ambisius, karena kami ingin menang paling tidak satu balapan. Kami tahu itu adalah target yang sangat sulit, tapi kami terbiasa menerima tantangan paling sulit,”

Memenangi balapan berarti finis di depan dua raksasa seperti Honda dan Yamaha dan empat pebalap mereka, yang tentu merupakan empat yang terkuat. Tapi ini adalah target kami dan kami tahu kami bisa mengandalkan Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone, yang dalam pandangan saya bisa bertarung dengan imbang melawan pesaing-pesaingnya,” lugasnya.

Seperti diketahui pada uji coba periode pertama di sirkuit Sepang, Malaysia awal Februari lalu, Iannone finish tercepat ketiga di belakang duet pembalap tim Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Namun pada uji coba tersebut ia belum mengendarari GP15. “Sekarang kami kembali ke Malaysia untuk uji coba kedua dan saya akan mengendarai GP15 untuk pertama kalinya,” lanjutnya.

Dalam catatan Balapan MotoGp Musim lalu Ducati mengandalkan GP14, dan catatan prestasinya Iannone berada di posisi 10 klasemen pembalap, naik dua tingkat dari 2013 dengan GP13. Uji coba di Sepang berlangsung 23-26 Februari. “Kita harus bekerja keras untuk membuat motor ini kompetitif. Saya optimis dan tidak sabar berada ke trek,” katanya.