Aoyama Berkolaborasi Dengan Drona Mencari Talenta Pembalap Muda Asia

PENCARIAN TALENTA PEMBALAP MUDA ASIA — Pecinta balapan motor tentu mengenal Hiroshi Aoyama, yang menjadi Juara Dunia kelas 250 cc tahun 2009. Pada tahun lalu Aoyama menyatakan diri pensiun dari kompetisi balap motor . Namun kini ia disibukkan dengan aktivitas sebagai menjadi test rider HRC. Kali ini ia dengan Dorna dan Alberto Puig, untuk membantu mencari talenta dan mengembangkan karir berbakat pembalap muda Asia. Dorna sendiri adalah promotor besar yang menyelenggarakan balapan berkelas dunia seperti MotoGP dan World Superbike.

Dalam program yang diberikan label Asia Talent Cup (ATC) ini Dorna yang memiliki markas di Spanyol ini akan mencari pembalap muda dari Asia untuk dibina jadi rider profesional semacam Casey Stoner, Dani Pedrosa.

Aoyama sendiri dalam program ini juga akan menjadi test rider HRC dengan memberikan support terhadap juniornya Kaito Toba, Yuta Tanggal dan Ayumu Sasaki dalam semua seri saat mereka bersaing di seperti Kejuaraan Dunia Moto3 ™ Junior World Championship, the Shell Advance Asia Talent Cup and the Red Bull MotoGP Rookies Cup.

Bagi Aoyama ini merupakan bagian yang menyenangkannya , karena setelah berhenti dari membalap, ia masih bisa berbagi pengalaman kepada pembalap-pembalap muda berbakat. “Saya Senang menerima proposal ini dari Dorna. Aku akan terlibat dalam sesuatu yang benar-benar memotivasi saya, menyampaikan pengetahuan yang saya peroleh sewaktu saya di balapan untuk rider muda Asia, terutama orang-orang Jepang. Juga, saya sangat senang bisa bekerja bersama Alberto Puig, seseorang dengan siapa saya memulai karir internasional saya pada tahun 2004 dan yang selalu membimbing saya sebagai rider. saya juga ingin berterima kasih kepada HRC untuk mengizinkan saya untuk menggabungkan peran ini dengan menjadi pembalap uji . Ini akan menjadi tahun yang sibuk! ” ungkap Aoyama.

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta menambahkan: “Kami sangat senang Hiroshi Aoyama telah bergabung dengan proyek ini Setelah pensiun dari kompetisi, kita tidak ingin kehilangan kesempatan ini untuk mendapatkan keuntungan dari pengalaman dia membawa Untuk rider Jepang. Aoyama adalah panutan sebagai orang Jepang terakhir untuk memenangkan gelar Dunia. saya juga ingin mengucapkan terima kasih HRC atas kesediaan mereka untuk memungkinkan dia untuk menggabungkan kegiatan ini dengan perannya sebagai test rider MotoGP. ini lagi menunjukkan kedalaman komitmen HRC untuk proyek ini.

Dalam pencarian pembalap muda berbakat di Asia ini , Dorna mengundang pembalap-pembalap muda dari seluruh wilayah Asia mengikuti seleksi ATC di sirkuit Sepang Malaysia pada 14-15 Oktober mendatang. Usia dibatasi 14 sampai 20 tahun. Tepatnya, pembalap yang lahir antara 1 Januari 1994 dan 31 Maret 2000.

Selanjutnya jika sudah memenuhi segaka persyaratan peserta akan menerima pemberitahuan dan undangan resmi untuk mengikuti seleksi selambat-lambatnya 10 hari sebelum proses seleksi dilaksanakan. Dalam proses seleksi, panitia tidak menyediakan perlengkapan balap. Jadi, haus disiapkan sendiri. Mulai helm, baju balap, sarung tangan hingga sepatu. Dan semua sudah harus memenuhi standar balap.

Seleksi hanya dilakukan 15 menit. Yang terpilih, akan diberitahukan beberapa hari setelah seleksi. Hanya diambil 22 pembalap. Nantinya dididik dan dibalapkan di beberpa sirkuit di Asia. Mulai di Qatar , Indonesia (Sentul), Cina , Jepang (Motegi), Malaysia , serta di India (Buddh Sirkuit). Pelaksanaannya, bisa berbarengan dengan MotoGP, SBK atau balapan independent.